Mahasiswa UAD Mengenalkan Dinar Dirham Kepada Masyarakat

0
179

 

Bulan Ramadhan waktu yang tepat untuk meningkatkan amal sholeh baik itu ibadah maupun muamalah, sebagaimana yang dituntunkan Rosulullah SAW. Salah satu muamalah yang dituntunkan oleh Baginda Rosulullah Saw ”Bermuamalah dengan dinar dan dirham”

Atas dasara di atas, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan (KKN-UAD) Periode XXXVIII TA 2012/2013 Unit I.C.3 mengadakan Festival Hari Pasaran (FHP) di Desa Jomblangan, Banguntapan, Bantul Minggu (28/7).

Festival Hari Pasaran (FHP) Dinar Dirham Jomblangan dipilih sebagai nama program kegiatan oleh kelompok mahasiswa KKN yang dikoordinatori oleh Ilham Arisnawan

Menurut Ilham Kegiatan tersebut berttujuan untuk mengenalkan dinar dan dirham kepada masyarakat umum terutama yang berada di Desa Jomblangan. Mencoba mengamalkan kembali muamalah dengan dinar dirham di tengah masyarakat.

Selain itu KKN UAD tersebut juga mengadakan kajian tentang muamalah dan dinar dirham. Kajian ini menerangkan tentang pentingnya dinar dirham dalam kehidupan muamalah setiap muslim dan rukun Islam yaitu zakat. “Dengan mata uang dinar (emas 22K, 4.25 gr) dan dirham (perak murni, 2.975 gr) masyarakat memiliki uang yang sesuai sunnah dan bernilai, yang dari waktu ke waktu tidak tergerus oleh inflasi” terang Ghulam Mishbah selaku pembicara (Wakil Wakala Gemah Ripah).

“Diharapkan masyarakat dapat mengenal uang yang sesuai dengan sunnah Rosul dan memulai menghidupkan kembali sebagai alat tukar secara sukarela” harap Ilham.