Mahdy: Juara 2 Lomba Esai Nasional Olimpiade PPKn ke-6

0
119

Mahdy Muhana Aziz menjadi juara 2 lomba Esai Nasional Olimpiade PPKn ke-6 dengan tema “Aktualisasi dan Peranan Pancasila dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” di Universitas Lampung 2019. Ia berhasil bersaing dengan 10 finalis lainnya.

Esai berjudul “Penguatan Konektivitas Nasional dalam Mendongkrak Daya Saing melalui Gerakan Pendeteksi (Pendekatan Teknologi Komunikasi)” terinspirasi dari teori tekno realis yang menerima perkembangan teknologi komunikasi tetapi tidak menghilangkan nilai-nilai kemanusiaan yang ada. Karya tersebut mampu menegaskan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, dan mengimplementasikannya dalam teknologi informasi serta komunikasi. Revolusi industri 4.0 memang berbasis big data, internet of things, tetapi nilai Pancasila tidak akan luntur oleh perkembangan zaman.

Saya berpikir bahwa teknologi komunikasi sudah membawa nilai dan pengaruhnya di masyarakat. Saya membuat inovasi melalui Gerakan Pendeteksi yang kekuatannya terletak pada forum diskusi online. Gerakan ini menjembatani antara penguatan konektifitas nasional dan penggunaan teknologi komunikasi. Tujuannya yaitu untuk mengubah persepsi dalam masyarakat desa, sehingga ada daya tarik dalam pengembangan kompetensi, menambah pengetahuan, dan mempererat persaudaraan,” ujarnya.

Mahdy membutuhkan waktu cukup lama dalam menambah konsep yang berkaitan dengan esai, memperjelas fakta, menegaskan landasan yuridis, dan teori-teori yang berkaitan. Proses pembuatan power point banyak penambahan yang harus disempurnakan, seperti visualisasi dan logo kampus. Selama proses membuat esai dan lomba, ia dibimbing Syifa Siti Aulia, S.Pd., M.Pd.

Awalnya hanya mencari ide untuk mengisi waktu luang, lalu menyusun esai ditambah inovasi yang menarik, membaca bahan-bahan yang berkaitan dengan ide saya, agar ada inspirasi baru untuk gambaran kasar aplikasinya. Saya tidak menyangka akan menang. Semoga ini menjadi awal untuk karya saya selanjutnya,” tutupnya. (JM)