Memperingati Hari Puisi Indonesia

0
76

Komunitas Hahahihi memperingati Hari Puisi Indonesia dengan kegiatan menjemur puisi bertempat di pelataran kampus IV Universitas Ahmad Dahaln (UAD), Jumat 26 Juli 2019. Kegiatan tersebut mengusung tema “Menjemur Puisi, Menanti Senja”. Komunitas Hahahihi adalah komunitas belajar tentang sastra Indonesia. Kegiatan rutinnya diskusi tiap hari Minggu membahas biografi sastrawan-sastrawan Indonesia dan karya-karyanya.

“Hari Puisi Indonesia diperingati tiap tanggal 26 Juli, yang merupakan hari kematian penyair pelopor angkatan 45, Chairil Anwar. Kami memperingatinya dengan cara lain yaitu menjemur puisi. Kegiatan menjemur puisi terinspirasi oleh seorang sastrawan bernama Sigit Susanto yang tinggal di Swiss,” ujar Fair Naza selaku ketua panitia.

Sasaran kegiatan menjemur puisi adalah mahasiswa umum, tidak hanya mahasiswa sastra. Mahasiswa UAD mengekspresikan diri lewat puisi. Panitia menyediakan kertas, pulpen, dan kardus untuk alas menulis. Kegiatan ini juga direspons dari luar UAD seperti dari Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Pati, mereka mengirim puisi ke panitia lewat media sosial.

“Harapan dari acara ini agar mahasiswa makin indie. Mereka bisa mengekspresikan diri dengan cara positif, yaitu menulis puisi. Harapan lainnya semoga UAD bisa menjadi pusat sastra, sehingga ketika orang mendengar sastra, orang kenalnya UAD, gambaran dan imajinasinya tentang UAD karena banyak kegiatan dan diskusi sastra, serta orang lain juga tertarik dengan sastra,” tutupnya. (JM)