Monitoring dan Evaluasi PKM 5 Bidang 2019

0
256

Senin (22-07-2019), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah monitoring dan evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang 2019. Ini merupakan agenda tahunan dari Dikti bagi mahasiswa-mahasiswi di Indonesia untuk berkarya dan menuangkan ide, kreativitas, serta inovasi. Di antaranya ada PKM-P (penelitian), PKM-K (kewirausahaan), PKM-T (teknologi), PKM-M (pengabdian masyarakat), dan PKM-KC (karsa cipta). Akhir dari kegiatan ini adalah dikompetisikan dalam skala nasional dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

“Monev merupakan kelanjutan dari pengajuan PKM yang didanai oleh Belmawa Dikti. Di UAD sendiri sebelum diadakan Monev eksternal sudah diadakan dulu Monev internal. Monev eksternal adalah pintu masuk ke Pimnas. Tahun ini Pimnas akan diadakan di Denpasar, Bali, dari tanggal 27−30 Agustus 2019,” ujar Dr. H. Dedi Pramono, M.Hum., Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa).

Ada 46 tim dari 7 perguruan tinggi yang terlibat yaitu UAD, STIKES Bethesda Yakkum, STIKES Guna Bangsa, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Respati Yogyakarta, Institut Teknologi Yogyakarta, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Terdapat 33 tim dari UAD yang didanai. Sistem Monev yaitu presentasi dari tiap tim 10 menit, 10 menit reviewer dari Prof. Dr. Ronny Rachman Noor, M.Rur.Sc. dan Prof. Dr. Tukiran, M.Si.

“Tahun ini, PKM di UAD yang diunggah ada 256, yang didanai 33. Prospek dari tahun sebelumnya jauh lebih bagus karena tahun 2018 yang didanai 8 tim, sekarang ada 33 tim. Dilihat dari jumlah, mahasiswa UAD punya peluang yang tinggi karena tim dari universitas lain tidak sebanyak UAD. Tahun 2018 dari 8 tim yang didanai, lolos Pimnas 3 tim. Sekarang ini peserta PKM sangat luar biasa, kreativitas mahasiswa sudah banyak bergerak,” tutupnya. (JM)