P2K 2019: Dari UAD, oleh UAD, dan Untuk UAD

0
286

Program Pengenalan Kampus atau yang akrab dikenal P2K, merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk menyambut mahasiswa baru. P2K bukan hanya tradisi biasa saja, program ini akan membantu mahasiswa baru guna mengenal UAD lebih mendalam, terlebih lagi kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Mahasiswa (Ormawa), LSO, dan Komunitas yang ada di UAD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P2K yang akan berlangsung pada 2−7 September 2019 bertempat di Kampus 1−5 UAD. Menariknya dalam P2K tahun ini, bakal ada Seni Pertunjukan (SP). Menurut info dari Anes Prabu selaku sutradara di SP, konsep SP mengangkat tema “Menarik Garis Sejarah Ahmad Dahlan untuk Membidik Masa Depan yang Cerah”.

“Tema tersebut diambil untuk menggagas spirit kepedulian Ahmad Dahlan terhadap pentingnya pendidikan di Muhammadiyah, guna menyiapkan generasi yang unggul. Yang menarik lagi dari SP ialah ada konsep yang berbeda dari SP sebelumnya, misalnya ada adegan pengenalan Ortom, Ormawa, UKM, dan LSO,” paparnya saat diwawancara (30-8-2019).

Anes menambahkan, sebagian konsep juga ada kesamaan dari konsep P2K sebelumnya, yakni melibatkan atau memasukkan tokoh Ahmad Dahlan dalam adegan-adegan. Namun konsep P2K tahun ini dikemas berbeda. Menurut keterangannya, SP P2K akan menampilkan pertunjukan gabungan dari semua disiplin seni seperti seni teater, seni tari, seni musik baik musik tradisional maupun modern, yang bakal dikemas dalam satu pertunjukan.

Persiapan P2K sudah mencapai 90%. Tentu saja, dalam menyiapkan pertunjukan yang megah itu ada kendala yang dihadapi, misal, soal benturan liburan mahasiswa. Sehingga penjadwalan latihan lebih banyak lagi. “Kendala lainnya, sulitnya mengkoordinir banyaknya peserta SP. Banyaknya orang jadi perlu koordinasi yang lebih baik dan tertata. Tetapi saya pikir kendala yang ada masih bisa diselesaikan dan SP tetap harus berjalan,” ungkapnya.

“P2K tahun ini dari UAD, oleh UAD dan untuk UAD. Semoga terus seperti ini,” imbuhnya. (ASE)