Partisipasi Pastron pada Summer Workshop on Astrostatistic and Astroinformatics

0
68

Pada 13−17 Agustus 2019, Kepala Pusat Studi Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (Pastron UAD) terpilih untuk menjadi peserta Summer Workshop on Astrostatistic and Astroinformatics yang diadakan di Chiang Mai, Thailand. Workshop ini diadakan oleh NARIT dan EACO dengan didukung oleh International Training Center for Astronomy, NAOJ, dan NAOC. Peserta berasal dari berbagai negara, terutama di kawasan Asia. Begitu pula latar belakang pendidikannya, baik yang mahasiswa pascasarjana sampai dosen dan peneliti. Meskipun bertema astronomi, peserta memiliki bidang ilmu yang beragam, dari fisika, computer science, bahkan biochemistry.

Pastron UAD rutin mengirimkan peneliti ke kegiatan International Training Center for Astronomy. Hal ini menjadi keuntungan bagi UAD dalam mengembangkan ilmu dan memperkuat kegiatan penelitian dan penyuluhan di Observatorium UAD. Ilmu yang dibagikan pada workshop yakni tentang penggunaan perangkat lunak R dan Python sebagai pengolahan data astronomi secara statistik.

Pengajar dari Amerika Serikat yang ahli dalam bidang machine learning mengajarkan tentang analisis regresi dan klasifikasi data, baik angka maupun citra. Peserta berlatih secara langsung menganalisis data pengembangan alam semesta, karakteristik bintang, dan struktur galaksi Workshop intensif selama lima hari ini sangat komprehensif diajarkan dari hal yang paling mendasar sampai ke bagian rumit yang memerlukan pengalaman dan strategi dalam pengkodingan.

Telah menjadi rahasia umum, machine learning ini berkembang pesat akhir-akhir ini seiring dengan data yang melimpah dan tuntutan analisis yang cepat dan akurat. Meskipun ditujukan pada analisis data astronomi, bekal ilmu machine learning dapat diterapkan di bidang lain bahkan multidisiplin. Sehingga, dengan keikutsertaan Pastron UAD di workshop ini bisa menambah kualitas penelitian sekaligus kerja sama UAD dengan institusi riset di luar negeri. (doc)