Pengamatan pada Kompetisi Peradilan Semu Prof. Soedarto IV

0
157

Dua mahasiswa Fakultas Hukum (FH) yang tergabung dalam Komunitas Peradilan Semu (KPS) FH Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menghadiri Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional Prof Soedarto IV. Mereka hadir memenuhi undangan dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Kompetisi yang digelar mulai dari 13-19 September lalu dihadiri 16 universitas sebagai delegasi dan 4 pengamat.

Perwakilan UAD hadir sebagai pengamat bersama dengan Universitas Cendrawasih, Universitas Suryakancana Cianjur, dan Universitas Nasional Jakarta. Sebagai pengamat, perwakilan FH UAD, Candra Aditya dan Dwi Hariyanto menjadikan kesempatan ini sebagai sarana pembelajaran.  Diakui oleh Dwi Hariyanto, bahwa langkah KPS FH-UAD mengutus pengamat memiliki manfaat yang besar.  “Ini adalah strategi pembelajaran sebelum terjun pada kompetisi sesungguhnya,” ujarnya.

 Pengamat bertugas mencari informasi tentang jalannya kompetisi peradilan yang dilakukan oleh masing-masing delegasi yang tampil. Dwi menambahkan bahwa dengan melihat pelaksanaan kompetisi dari penyisihan sampai final, ia dapat melihat kematangan dan kekuatan tiap delegasi. Kelebihan dan kekurangan setiap delegasi dapat dijadikan materi persiapan bagi KPS FH-UAD di kompetisi berikutnya. Pada kompetisi berikutnya, KPS FH-UAD diharapkan telah memiliki bekal amunisi untuk bertanding dan menorehkan prestasi gemilang.(Doc)