Prodi PPKn Selenggarakan Lomba Esai Kebangsaan 2019

0
164

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan lomba penulisan esai kebangsaan tingkat SMA/sederajat tahun 2019. Babak final berlangsung pada Kamis, 22 Agustus 2019. Lomba ini merupakan upaya membangun image building kepada para siswa, sekaligus ajang promosi PPKn UAD.

Lomba sudah menjadi agenda tahunan Program Studi PPKn. Tema kebangsaan dipilih karena ingin menjaring gagasan dan pemikiran para siswa terhadap isu-isu aktual kebangsaan, serta tema kebangsaan sangat erat dan dekat dengan program studi tersebut. Tahun 2019 ini, terdapat 46 peserta yang mengikuti lomba, 15 peserta dinyatakan lolos pada tahap presentasi (final).

Setelah tahap presentasi, ditentukan para juara. Juara 1 Siti Mudrikah dari SMAN 1 Purworejo dengan esai berjudul “Tantangan Generasi Indonesia, Menjaga Persatuan dan Kesatuan sebagai Refleksi Kemerdekaan”. Juara 2 Baladiffa Aurora H. dari SMAN 1 Muntilan dengan esai berjudul “Literasi Jurus Baru dalam Revolusi Industri 4.0”. Juara 3 Daffa Aviciena Wibowo dari SMAN 1 Yogyakarta dengan esai berjudul “Lembaran Abu-abu Penyongsong Masa Depan”.

“Peserta melakukan pendaftaran dan pengiriman naskah. Informasi disebar melalui laman ppkn.uad.ac.id/lomba-esai, media sosial Program Studi PPKn, leaflet, serta surat resmi ke sekolah-sekolah. Naskah yang masuk selanjutnya diseleksi oleh tim juri untuk dipilih 15 peserta masuk tahap presentasi. Juri ada tiga, dari internal program studi yakni Drs. Supriyadi, M.Si., alumni Program Studi PPKn yakni Delfiyan Widiyanto, dan dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Suyitno, M.Pd.,” ujar Maulida selaku panitia lomba. (JM)