Profesor dari Prancis Isi Kuliah Umum Astronomi UAD

0
243

Program sarjana dan pascasarjana Pendidikan Fisika UAD menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Understanding the Universe: Introduction to Astronomy. Hadir sebagai pemateri dalam kuliah umum tersebut, Prof. Michel Dennefeld dari Institute  d’astrophysique de Paris. Pemateri menyampaikan pengenalan astronomi di ruang sidang Kampus I pada hari Senin (16/9).

Menurut Muhammad Taufik Raisal, S.Pd., kuliah umum ini sangat penting. Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim, sangat membutuhkan perhitungan astronomi. Semisal, penentuan waktu shalat dan awal bulan. Penentuan awal bulan Ramadhan dan Syawal masih menjadi polemik perdebatan setiap tahun. “UAD sebagai amal usaha organisasi Muhammadiyah yang notabene adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia membutuhkan pengetahuan ini,” terangnya.

Ia berharap kuliah umum dapat meningkatkan minat dan pengetahuan mahasiswa tentang astronomi. Lebih jauh lagi, diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa untuk menjadi ahli-ahli astronomi Indonesia di masa mendatang.(Doc)