Renangga Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

18

Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang melanda Indonesia, bahkan sudah ditetapkan sebagai pandemik global oleh World Health Organization (WHO), tidak menjadi penghalang bagi Renangga Yudianto. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan ini tetap menunjukkan prestasinya. Angga begitu biasa disapa, menjadi Best Presentation sekaligus menduduki peringkat keempat pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (PIF) Universitas Andalas Padang pada Senin, 20 April 2020.

Perlombaan diawali dengan pengiriman esai oleh seluruh peserta. Setelah dinyatakan lolos, sebanyak 20 peserta maju ke tahap presentasi, yakni mengirimkan video pemaparan esai.

“Akibat adanya pandemik corona, menjadikan sistem lombanya diubah. Awalnya ada dua lomba yaitu debat dan esai. Tapi berhubung ada surat edaran dari Kemendikbud yang mengharuskan social distancing, akhirnya lomba debat dibatalkan dan lomba esai diganti via online dengan mengirimkan video presentasi. Selain itu juga ada sesi tanya jawab via aplikasi Zoom,” tutur Angga saat menjelaskan sistem lomba.

Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. selaku dosen Prodi Teknik Elektro menjadi dosen pembimbing yang mendampingi Angga selama proses perlombaan. Lomba di masa pandemik memiliki tantangan tersendiri baginya. Mulai dari jadwal lomba yang mundur, hingga sistem penilaian yang juga mengalami perubahan. Jadwal lomba seharusnya berlangsung dari tanggal 20 hingga 25 Maret diundur menjadi 11 hingga 18 April melalui aplikasi Zoom. Selain itu, masalah sinyal yang susah dan listrik padam menjadi kendala lain selama proses perlombaan.

Angga mengungkapkan bahwa Best Presentation dapat diraih berkat video presentasi esai yang ia edit hingga rela begadang semalaman. Walaupun tidak menduduki posisi pertama, total skor presentasinya mendapatkan nilai tertinggi. “Semoga pandemik ini segera berakhir dan kita bisa terus berprestasi,” tutup Angga di akhir sesi wawancara. (Chk)