Sharing Kembangkan Potensi Guru

0
52

“Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu proses pendidikan karena gurulah yang meletakkan dan mempersiapkan dasar perkembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa,” kata Sigit Apriyanto, M.Pd., Ph.D. (c) saat memberikan materi “Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah” di gedung SDN Wanareja 02 Sabtu (27-7-2019).

Acara ini diikuti lebih dari 40 peserta dari perwakilan guru se Kec. Wanareja. Kelompok Kerja Guru (KKG) Kec. Wanareja adalah penyelenggara dari acara ini. Mereka mengadakan Academic Sharing Penulisan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) serta publikasinya bagi tenaga pendidik, khususnya di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kec. Wanareja. Tujuan acara ini guna memfasilitasi pengetahuan tentang kepenulisan.

Menurut Sigit yang merupakan alumnus Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini, untuk meningkatkan mutu guru dalam menulis tentu diperlukan guru yang memiliki profesionalisme tinggi.

Apa yang dimaksud dengan profesionalisme? Selama ini, istilah profesionalisme identik dengan sifat dan perilaku seseorang yang berkompeten, berpendidikan, berdedikasi, bertanggung jawab, jujur, dan loyal pada pekerjaannya. Akan tetapi, apakah cukup dengan itukah profesionalisme?

Lebih lanjut lelaki yang akrab dipanggil Aa’ ini menjelaskan, berkaitan dengan hal itu, tingkat keprofesionalan seseorang dapat diukur dari seberapa intenskah ia menulis. Seberapa banyak jumlah publikasi yang ia telurkan. Seberapa berdampakkah hasil pemikiran dan penelitian kita. Menulis merupakan hal yang bagi beberapa orang merupakan hal sulit dan membutuhkan banyak tenaga. Faktor motivasi dan minat merupakan penentu seseorang untuk berkarya.

Sementara menurut ketua panitia pelaksana Heri Indarto, S.Pd., M.Pd., acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi guru dalam memahami teknik penulisan karya ilmiah.

“Selain itu, memberikan keterampilan kepada guru untuk bisa menulis karya ilmiah yang baik dan benar, baik dalam bentuk artikel, jurnal, maupun penulisan PTK,” katanya. Lebih lanjut Heri mengatakan, kegiatan semacam ini akan menjadi agenda rutin KKG, ada kemungkinan meningkat ke jenis kegiatan yang lebih luas cakupannya. Harapan guru yang telah mengikuti acara ini nantinya dapat mengembangkan skill dan keilmuannya dengan dibuktikan dengan karya dan luaran yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Saryan S.Pd. selaku pengawas sekaligus pihak perwakilan dari Korwil Bidang Pendidikan Kec. Wanareja mengatakan, melalui kegiatan academic sharing tersebut dirinya berharap dapat menambah wawasan dan dapat memenuhi kebutuhan guru dalam kerangka membuat tulisan ilmiah.

“Guru diharapkan dapat mengambil manfaat lebih dari acara kali ini, dalam mengembangkan potensi dan meningkatkan profesionalisme guru,” terangnya.

Lebih lanjut lagi, ia berpesan bahwa peserta yang hadir dapat mengimbaskan kepada rekan yang pada kesempatan kali ini belum dapat hadir. Guru juga akan dibimbing dalam praktik membuat artikel yang terkait dengan penelitian yang bakal diambil oleh guru dengan disiplin ilmu masing-masing. Melalui kegiatan ini pula, KKG dan K3S berupaya penuh untuk meningkatkan SDM guru di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kec. Wanareja di bidang penulisan ilmiah dan penelitian guna mewujudkan dan mempersiapkan SDM yang profesional.