Suka Duka Menwa Mengawal 2000 Maba

0
177

“Kaget juga pas pameran kemaren ada mahasiswa nanya, 'Menwa itu mahasiswa apa bukan?'. Bahkan ada yang ngira kalau kami (Menwa) itu Satpol PP dan Pamong Praja” Hanin Fathan Nurfina Istiqomah, Staf Kepala Urusan Administrasi dan Personalia Menwa.

Hanin, beserta ketiga teman Menwa (Resimen Mahasiswa) lainnya tampak bersemangat menjalani hari-hari akhir Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang mencapai 4 ribuan peserta. Tampak wajah keseriusan mereka dalam menjalani aktifitas.

“Kami berharap apa yang kami lakukan ini bermanfaat. Kami juga ingin menepis anggapan miring yang ditujukan pada kami. Banyak yang bilang kalau kami hanya cari makan saja. Dengan tegas, saya sangat menepis prasangka itu. Menwa tidak seperti itu” tutur perempuan kelahiran Klaten, 11 September 1994, yang juga menjabat sebagai wakil ketua pusat P2K 2013/2014, dan diiyakan oleh anggota lainnya, Lilis, Sapto, dan Doni.

Hal yang sama diutarakan oleh Megi Okta Rizky (Anggota Kedisiplinan Zona II) dan Ivan Nugraha H (Koordinator Zona II) saat diwawancarai. Mereka mengungkapkan, banyak hal yang mereka temukan di lapangan. Mulai dari menghadapi mahasiswa yang sama terlambat setiap hari, sampai diteriaki para pengguna jalan saat menyebrangkan Maba saat sore hari.

“Kami menghadapi banyak hal. Ada mahasiswa yang kerjaannya terlambat. Mulai dari hari kedua ( 3 /9), sampai hari ini (6/9). Dan alasan yang diutarakan pun sama, karena jarak yang jauh atau kesiangan karena kelelahan” papar Ivan.

“Pernah juga diteriaki pengguna jalan. Kata mereka: 'Woi, panitia ospek jangan buat peraturan lalu lintas sendiri' teriaknya sambil menirukan gayanya. Kami bisa memakluminya. Mereka juga dalam perjalanan pulang dari aktifitas kerja. Tentu sangat lelah. Karena Jalan Pramuka (depan Kampus UAD II) merupakan jalan aktif, jadi yang harus kami hadapi bukan hanya Maba yang jumlahnya kurang lebih 2000an yang di kampus 2, tetapi juga para pengguna jalan raya yang tidak terhitung jumahnya” tambah Megi, mahasiswa program studi Hukum kelahiran Bengkulu, 31 Oktober 1992 dengan senyum ramah. (IHS)