Tapak Suci UAD Sabet Juara Umum di Kancah Internasional

0
24


Pertama kalinya, Tapak Suci (TS) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sabet juara umum 1 di laga bergengsi “Kejuaraan Airlangga Tapak Suci University Open Internasional Championship”, yang berlangsung pada 12-16/9/2018 di Airlangga Convention Center. Laga tersebut diikuti oleh seluruh universitas yang ada di Indonesia. Tercatat, TS UAD berhasil membawa pulang 5 medali emas, 4 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Selain mendapatkan juara umum 1 di kancah internasional, TS UAD juga pernah mendapatkan juara umum 1 tingkat nasional pada tahun 2014 lalu. Tentunya, pencapaian tersebut tidak lepas dari jerih payah atlet saat latihan sebelum bertanding.

Sebelum bertanding, semua atlet dilatih setiap hari selama tiga bulan. Latihannya mulai dari pagi, siang, dan sore. Biasanya setiap ada event, pembinaan dari kami untuk atlet sangat ketat,” kata Dadang Arif Dwi Saputra selaku ketua bidang pengkaderan TS UAD saat diwawancara, setelah acara laporan hasil dan penyerahan tropi juara umum ke Dr. Kasiyarno, M.Hum., Rektor UAD, di hall kampus I UAD Jln. Kapas, Semaki, Yogyakarta, Kamis (20/9/2018).

Pencapain atlet TS ini diapresiasi penuh oleh Kasiyarno. Katanya, TS salah satu kegiatan minat bakat mahasiswa yang menjaga budaya tradisi prestasi di UAD. Keterampilan silat akan menjadi profesi atlet, meskipun melenceng dari program studi yang sekarang ditempuh.

Untuk sementara, saya puas dengan pencapaian atlet TS. Sebelum bertanding saya sempat mengatakan kepada mereka, siapa yang bersungguh-sungguh maka dia yang akan mendapatkan. Dan sekarang kata-kata itu sudah terbukti,” ungkap Kasiyarno.

Ia juga mengatakan, ke depannya dia berharap kejuaraan-kejuaraan lain dari TS dalam event yang lebih besar. Sehingga, nantinya atlet TS bisa terpilih untuk mewakil daerah dalam perlombaan silat, dan bisa dibina oleh Pemda setempat dengan baik untuk meningkatkan keterampilannya.

Demi menghargai usaha atlet yang telah berhasil mengharumkan nama UAD, semua atlet akan mendapatkan hadiah khusus dari UAD, hadiahnya pun masih bersifat rahasia.

Nama atlet yang berhasil meraih medali tahun ini yaitu Herdiyana Asmoroningtyas, Dadang Arif, Javid Novean Noorcha, Lu’atul Nadlifah, Arfian Hariz, Alfiin Mubarroq, dan Irfan Syahrul R. peraih medali emas. Illiyana Aulia, Tito Kurniawan, Ratna, dan Pratiwi peraih medali perak. Nizzar Robbani, Zulfikar Faishal Akbari, Hindriyati Muhammat, Risma Dara, Nofal Bowo P, Ahmad Rizki S, Dhia Asha, dan L.R.Z. Uday peraih medali perunggu. (ASE)