UAD Adakan Talkshow International Conference Bersama Enam Negara

0
203

Negara-negara di Benua Asia mempunyai  sistem pendidikan. Sistem pendidikan tersebut antara satu Negara dengan Negara lain mempunyai perbedaan. Setiap Negara mempunyai sebuah tolok ukur tersendiri untuk penerapan sistem pendidikan di negaranya masing-masing. Begitu juga dengan Negara Indonesia.

Menyusul acara kunjungan dari Sekolah menengah kebangsaan Malaysia (25/03), Pihak UAD menanggapinya dengan mengadakan acara talkshow international conference dengan tema “Multiculture Education in Asia“ Rabu (26/03) di Ruang Sidang Kampus I UAD jalan kapas 09 semaki Yogyakarta.

Ibu Dr. Nur, Dodi menyampaikan, untuk menciptakan suatu sistem pendidikan yang baik dapat melalui berbagai metode, di antaranya bisa dengan fullday school atau boarding school yang saat ini tengah populer di Indonesia atau dengan cara pendidikan di luar kelas seperti yang sedang diterapkan di Negara Filipina. “Yang terpenting dari itu semua adalah niat tulus dari seorang guru untuk mengajar murid layaknya mengajar anaknya sendiri dan tekat kuat seorang murid untuk senantiasa belajar tanpa kenal putus asa” paparanya Dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UAD.

Tujuan diadakannya acara tersebut selain sebagai upaya menindak lanjuti kunjungan dari Malaysia juga sebagai upaya untuk saling bertukar pengalaman terkait dunia pendidikan dari berbagai Negara di Asia yang untuk selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Negara masing-masing agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman di era modern ini.

“Acara tersebut mengulas berbagai macam sistem serta kebijakan pendidikan di beberapa Negara di Asia di antaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Uzbekistan, India, dan China. Indonesia sendiri diwakili oleh kepala sekolah SMP Muhammadiyah 3 Depok, dari Malaysia diwakili oleh Ibu Puan Hj. Siti Aminah kepala Sekolah Menengah Kebangsan Malaysia, sedangkan pembicara dari Negara yang lain diwakili oleh mahasiswa luar negeri yang sedang menempuh studi di UAD” papar Bapak Joko Susilo, M.Cs. selaku ketua panitia acara tersebut.

Lebih lanjut pak Joko menambahkan. Peserta yang hadir dalam acara talkshow tersebut datang dari kalangan civitas akademika UAD,  perwakilan kepala sekolah binaan UAD, ada juga dari kalangan penulis artikel, serta dari mahasiswa pascasarjana UAD. (MCH)