UAD dan UNC Berbagi Hasil Penelitian Melalui Seminar Internasional

0
165

      Jum’at, 25 Oktober 2013, Pascasarjana UAD, bekerjasama dengan Pascasarjana University of Nueva Caceres (UNC) Filipina (Philippina/Philippines), menyelenggarakan Collaborative Research Paper and Lecture Series. Bertempat di ruang sidang kampus 2 UAD, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk realisasi MoU yang telah ditandatangani UAD dan UNC sejak tahun 2010. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi research paper presentation dan sesi siang lecture series. Dalam research paper presentation, dipresentasikan 5 research paper, 3 dari dosen UAD dan 2 dari dosen UNC.

            Presenter pertama dari UAD yaitu Rusydi Umar, Ph.D. Dosen Teknik Informatika mempresentasikan paper yang berjudul Computing Evolution dan menyampaikan mengenai perkembangan komputer dari masa ke masa serta beberapa solusi sederhana permasalahan yang sering dihadapi dengan komputer. Presenter kedua yaitu Atty Clarita B. Padilla, Ed.D. dari UNC mempresentasikan paper yang berjudul Graduate Studies and Promotions Status of the Public Secondary School Teachers in the Second Congressional District of Camarinces Sur, Philippines. Dalam presentasinya doktor pendidikan ini menyampaikan tentang hasil temuan penelitiannya bahwa faktor utama seorang guru dipromosikan dalam pekerjaannya adalah karena kualifikasi akademiknya, semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin pendek jeda waktu sebelum dia dipromosikan.

            Paper ketiga yang berjudul Decentralizing Education dipresentasikan oleh Sumarno, Ph.D., Dosen Magister Manajemen Pendidikan, yang menyampaikan perubahan dan perkembangan pendidikan di Indonesia sejak masa reformasi hingga sekarang beserta permasalahan-permasalahannya. Prof. Mary Ann A. Papica sebagai presenter keempat mempresentasikan paper yang berjudul You Can Do It Program. A Motivational Program in Preschool Education for Economically Disadvantaged Children of Villa Grande Elementary School. Prof. Mary menyampaikan keberhasilan program motivasi yang disebut You Can Do It yang diterapkan di salah satu Taman Kanak-kanak bagi siswa-siswa miskin di Filipina.

            Presenter terakhir yaitu Sunarti, SKM, M.Si. mempresentasikan paper yang berjudul The Relationship between Energy, Protein, Zink Intake and Nutritional Status (BMI Per Age) in Pre School Children. Setelah kelima presentasi, dibuka forum tanya jawab dan diskusi bagi para peserta yang memiliki pertanyaan tentang paper yang telah dipresentasikan. Forum tanya jawab dan diskusi ini dimoderatori oleh Rai Rake Setiawan, S.E., MSA.

Diikuti oleh 65 peserta baik dosen maupun mahasiswa S2, sesi siang lecture series diisi oleh Dr. Cesar B. Bermundo yang mengenalkan perangkat lunak komputer berupa Test Checker and Item Analyzer w/Statistics, dan Statistics w/Computer Application yang merupakan perangkat lunak hasil penelitiannya selama bertahun-tahun. Seminar ditutup dengan acara pemberian sertifikat untuk semua pembicara, serta penyerahan kenang-kenangan dari UNC untuk UAD, dan dari UAD untuk seluruh delegasi dari UNC serta USANT. (dtiti-ed: dan’s)