UAD Kenalkan Produk Kopi yang Berbeda di Indonesian Coffee Festival

0
200

Kopi merupakan salah satu pohon yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Biji kopi biasanya dinikmati dalam sajian minuman. Menikmati kopi dengan menyeduh biji kopi mungkin sudah menjadi hal yang lumrah. Namun pernahkah terbayangkan oleh Anda jika kopi juga bisa diolah menjadi manisan, natta, sirup atau bahkan wine yang masih dalam kategori halal?

Dr., Hj Dwi Suhartanti, M.Si berhasil mengolah buah kopi menjadi produk makanan dan minuman dengan beraneka ragam varian. Setelah melakukan penelitian dan percobaan beberapa minggu, Dosen Program Studi Biologi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini berhasil mengolah buah kopi menjadi manisan, sirup, natta the coffe dan wine dengan kadar alkohol kurang dari 13% sehingga masih dalam kategori halal untuk diminum orang Islam.

Kepala Pusat Studi Dinamika Sosial (PSDS) UAD inipun mendapat dukungan dari berbagai kalangan saat mengenalkan produk kopi tersebut pada acara Indonesian Coffee Festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Indonesian Coffee Festival Management yang digelar di Hotel Ambarrukmo Yogyakarta (14/09/2013).

Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia juga menyambut baik produk kopi tersebut. “Ini produknya bagus. Diteruskan. Wine-nya cocok untuk daerah dingin seperti di Bali” ungkap Rusman Heriawan selaku Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia saat berkunjung ke stand pameran Indonesian Coffee Festival.

Pameran Indonesian Coffee Festival hanya ajang awal untuk memperkenalkan produk kopi tersebut. “Minggu depan (24-28 Sept 2013) kami akan berangkat ke Kintamani Bali untuk mengisi pelatihan pemanfaatan buah kopi. Untuk selanjutnya ke seluruh Indonesia, sesuai harapan Pak Wamen” tutur Dwi Suhartanti.(doc)