UAD Meraih Juara Umum dalam Pentas Budaya Arab 2013 di Makassar

0
239

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menjadi juara umum dalam Pentas Budaya Arab (PBA) yang diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar pada tanggal 4-7 November 2013. Dalam acara ini UAD meraih juara pertama untuk semua perlombaan kategori mahasiswa yaitu pidato, baca berita dan presentasi.

Tim UAD yang dikirim melalui Fakultas Agama Islam beranggotakan 5 orang yaitu Qaem Aula Syahid (Prodi Tafsir-Hadis, juara I lomba pidato), Mustofa Akhyar (Prodi Pendidikan Fisika, juara I lomba baca berita), Ahmad Luqman Hakim & Muhammad Azwan bin Qamaruddin (keduanya Prodi Bahasa dan Sastra Arab, juara I lomba presentasi), dan Abdul Malik (dosen pembimbing sekaligus pelatih).

PBA merupakan kegiatan berskala nasional yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun serta mempertandingkan berbagai macam lomba terkait bahasa dan kebudayaan Arab. PBA 2013 mengambil tema “Membudayakan Bahasa Arab di Era Globalisasi dalam Kreativitas dan Seni”

Ada 3 kategori perlombaan dengan 11 macam lomba yang dipertandingkan, yaitu kategori mahasiswa (pidato, baca berita dan presentasi), kategori umum (peragaan busana, menyanyi, kaligrafi dan nasyid) dan kategori santri (mading, pidato, puisi dan hot potatoes).

Wakil Dekan III Fakultas Sastra UNHAS, Noer Jihad Saleh, saat menutup secara resmi acara PBA, secara khusus mengucapkan terimakasih kepada tim UAD yang menurutnya telah memberikan contoh penampilan yang bagus bagi peserta lain.

Nur Jihad Saleh berharap agar UAD kembali hadir dalam PBA tahun depan dan lebih jauh lagi bisa bekerjasama dengan UNHAS dalam membina mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas yang berhubungan dengan bahasa Arab.(Doc/Amw)