UAD Rencanakan Pendidikan Bahasa Jepang.

0
226

Shinjuku Japanese Language Institute berencana akan penyelenggarakan pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Rabu (23/10/2013) Universitas Ahmad Dahlan sambut kedatangan Shinjuku Japanese Language Institute (SNG), Tokyo di ruang rektorat Kampus 1 jalan Kapas no 9 Semaki Umbulharjo Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan dari Jepang Ms. Kyoko Mori (Vice Principal), Ms Ryoko Matsuno (one of SNG managers) dan Ms. Ryuji Canel Ezoe (Admission officer). Mereka disambut langsung oleh Rektor UAD Dr. Kasiyarno. M.Hum dan Wakil Rektor serta Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD, Ida Puspita, M.A.Res.

Melalui laman www.oia.uad.ac.id dijelaskan bahwa, delegasi tersebut bertujuan untuk mencari kemungkinan membangun pendidikan bahasa Jepang di Universitas Ahmad Dahlan. Mereka antusias menunjukkan metode Ezoe. Sebuah metode untuk mengajarkan bahasa Jepang didirikan oleh SNG. Metode ini dipatenkan akan digunakan untuk mengajar bahasa Jepang di UAD ketika Pendidikan Bahasa Jepang di UAD telah ditetapkan.

Rencana SNG untuk mendirikan Pendidikan Bahasa Jepang di UAD ditanggapi oleh Pusat Pelatihan Bahasa (PBB) yang sekaligus Dosen Fakultas Sastra Wajiran , S.S., M.A . Katanya, jika hal tersebut terlaksana, dia akan membuka Kursus Bahasa Jepang di Pusat Bahasa UAD. Untuk langkah selanjutnya, SNG dan UAD akan membuat MoU untuk mewujudkan rencana tersebut. Selain itu, SNG juga membuka kesempatan lain bagi siswa UAD atau staf untuk belajar bahasa Jepang di SNG dengan beasiswa dari SNG.

Ulaya Ahdiani, S.S., M.Hum menyampaikan kemungkinan dijadikannya bahasa Jepang sebagai mata kuliah wajib di fakultas sastra, budaya dan komunikasi dan memungkinkan dosen dari Shinjuku untuk mengajar di fakultas.(Sbwh)