UMKM Rintisan KKN PPM UAD Diresmikan Wabup Kulon Progo

0
31

Setelah sebulan dibentuk, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dirintis oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada Rabu (5/9/2018) diresmikan.

UMKM bernama Salari ini diresmikan oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo, di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo.

Pendirian UMKM Salari sebagai salah satu program kegiatan KKN PPM ini didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia (RI), dengan judul “Pengelolaan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun”.

Sutedjo berharap, keberadaan UMKM mampu mengelola usaha pembuatan sabun dari minyak jelantah dan meningkatkan perekonomian masyarakat Sendangsari.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung keberadaan UMKM ini karena bisa menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, juga bisa mengatasi masalah pengelolaan limbah,” terangnya.

Sebelum diresmikan, UMKM Salari telah melakukan beberapa kegiatan yang didampingi oleh tim KKN PPM UAD yang dipelopori Iis Suwartini, M.Pd., Vera Yuli Erviana, M.Pd., dan Ahmad Ahid Mudayana, S.K.M.,M.P.H. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan penjernihan minyak jelantah, pelatihan pembuatan sabun, sampai kegiatan pemasaran produk. (doc/ard)