Ande-Ande Lumut Ala China

0
239

Yogyakarta (28/06/2013), Mahasiswa China Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menampilkan pertunjukkan Ande-Ande Lumut di Hall Kampus 2 UAD. Selama kurang lebih 1 jam, sejumlah mahasiswa China tersebut memberikan hiburan bagi para penonton dan juga Dosen Sastra Indonesia yang pada malam itu hadir. Penampilan drama Ande-Ande Lumut ini sendiri sebenarnya merupakan rangkaian acara pelantikan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dari Program Studi Sastra Indonesia.

“Saat merencanakan acara pelantikan HMPS ini, kebetulan mas Iqbal (dosen kelas Drama) menawarkan kami agar mahasiswa China dilibatkan dalam acara ini dengan menampilkan suatu hiburan dan mas Iqbal pun bersedia melatih mahasiswa China tersebut”, kata Dra. Ani Yuliati, M.Hum-Ketua Program Studi Sastra Indonesia UAD.

Ada hal yang menarik dari penampilan mahasiswa China tersebut, di mana banyak kosa kata bahasa Indonesia yang tidak dapat diucapkan dengan tepat sehingga menimbulkan tawa tersendiri dari para penonton. “Diajem maukah kamu menjadi istriku?”, kata Yogi-pemeran pangeran. Kata “diajem” yang seharusnya “diajeng” tersebut sontak menimbulkan canda tawa dari para penonton.

Mahasiswa China sendiri membutuhkan waktu 2 minggu untuk berlatih guna menampilkan pertunjukkan drama Ande-Ande Lumut tersebut.  Mahasiswa Sastra Indonesia UAD sendiri juga memberikan andil bagi pertunjukkan drama ini, yakni dengan membantu mahasiswa China berlatih. “Kami sangat senang, teman-teman Indonesia sangat ramah dalam membantu kami berlatih”, kata Xinxing-salah satu mahasiswa China yang ikut dalam pertunjukkan. (CF)