Ayo Peduli Lingkungan dan Waspada Terhadap Bencana

0
322

Fakultas Keshatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai Institut Perguruan Tinggi Muhammadiyah bersama Majelis Dikti dan KLH PPA, dan Majelis Lingkungan Hidup PDM Kota Yogyakarta mengajak “Ayo peduli lingkungan dan waspada terhadap benca” melalui Seminar Nasional yang bertema “Manajemen Lingkungan dan Respon Bencana”. Acara yang ini diikuti 250 peserta tersebut, terdiri dari mahasiswa, dosen dan praktisi, bertempat di Auditorium Kampus 1 Univesitas Ahmad Dahlan (UAD) pada hari Sabtu (29/6/2013). Tujuan seminar ini sebagai sarana membuka wawasan dalam menghadapi bencana di nusantara.

Rosyidah, S.E., M.Kes Dekan FKM UAD menyampaikan bahwa salah satu pencapaian Milenium Development Goals (MDGs) di Indonesia yang dicanangkan dunia sejak 2000-2015, masih menyisakan masalah degradasi lingkungan belum optimal terselesaikan.

Rektor UAD, Dr. Kasiyarno,M.Hum, berharap seminar ini mampu meningkatkan peran masyarakat dalam menyelamatkan lingkungan yang kian rusak serta kewaspadaan dini terhadap bencana. Sebagai Negara yang termasuk dalam ring of fire menjadikan pemerintah harus selalu siaga serta menghimbau masyarakatnya untuk lebih waspada terhadap bencana yang datang.

“Kerusakan lingkungan yang kian parah juga menjadi salah satu penyebab bencana sehingga harus dipelihara semaksimal mungkin. Indonesia harus menjadi contoh bagi dunia dalam memelihara lingkungannya serta waspada terhadap setiap bencana” paparnya

Lebih lanjut Kasiyarno menambahkan, tema seminar ini memiliki nilai isu global yang strategis untuk kehidupan kita. Apabila kita menjaga estetikanya, maka lingkungan itu akan memiliki dampak yang luar biasa untuk kehidupan kita.

Pembicara pada seminar tersebut adalah Dr Djati Mardiatno (Kepala PSBA UGM), Elisabeth Supriyatni ( Kepala Bidang Keselamatan dan Kesehatan Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan –Badan Tenaga Nuklir Nasional), Parningotan Pasaribu (PT PERTAMINA), Dr.Chairil Anwar (Majelis Dikti PP Muhammadiyah), dr. Joko Murdiyanto.,SpAn (Majelis Dikti PP Muhammadiyah), dan Dr Rahmawati Husein (Muhammadiyah Disaster Management Center). Moderator seminar oleh Dr.Ir. Widodo Haryono,S.T.,M.Kes dan Ahmad Ahid Mudayana, SKM.,MPH (Dosen FKM UAD. Selain seminar utama, juga diselenggarakan lomba poster dan foto serta presentasi call of paper.(doc/sbwh)