Badminton Ilkom UAD Juara 2 Beregu Piala Komunikasi

0
93

Dika Abdiara, Muhammad Sholehin, Wahyu Sih Winarni, Melo, dan Bayu Aji Setiawan, adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam tim badminton. Mereka baru saja mencetak prestasi membanggakan dengan menjadi juara 2 beregu Piala Komunikasi se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lomba diadakan di GOR Ki Bagus Hadikusumo Universitas Islam Indonesia (UII).

Lomba ini dilaksanakan selama dua hari, babak pertama dimulai Jumat, 3 Mei 2019. Tim badminton beregu Ilkom UAD berhadapan dengan tim dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dengan poin 2-1 untuk kemenangan UAD. Final dilaksanakan pada Minggu, 5 Mei 2019, tim Ilkom UAD berhadapan dengan tim badminton UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan hasil 1-2 untuk kemenangan UIN Yogyakarta.

“Proses latihan lebih ke fisik dan strategi. Sebelum lomba, kami berdiskusi tentang strategi yang akan digunakan nanti di lapangan, atau saling memberi masukan tentang kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Kadang ketika latihan tidak semua anggota tim bisa ikut, karena ada kegiatan lain yang harus diselesaikan. Latihan tetap dilaksanakan walaupun anggota tim tidak bisa hadir semua,” ucap Melo, anggota tim badminton Ilkom.

“Ada 4 tim dari 4 universitas di Yogyakarta yang berpartisipasi. Faktor lapangan menjadi kendala saat lomba, tim belum terbiasa dengan kondisi lapangan dan butuh penyesuaian, sehingga beberapa kali melakukan kesalahan saat bertanding. Kami mengatasinya dengan fokus ke pertandingan, mengontrol agar smash tidak keluar lapangan atau out, dan mengurangi kesalahan semaksimal mungkin,” lanjutnya.

Di babak final, banyak teman-teman Ilkom UAD maupun yang bukan dari Ilkom UAD datang ke lokasi pertandingan memberikan dukungan secara langsung kepada pemain yang sedang bertanding. Hal ini tentu membawa dampak luar bisa kepada tim. Harapannya, semoga tim ini selalu kompak dan membawa nama baik Ilkom UAD dengan prestasi-prestasi yang membanggakan. (JM)