Bimawa UAD Adakan Job Fair dan Luncurkan Sikali

0
163

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Job Fair dan meluncurkan Sistem Integrasi Kampus Alumni Industri dan Instansi (Sikali). Acara yang berlangsung 18−19 November 2019 di Kampus Utama Jalan Ahmad Yani, Tamanan, Bantul, juga dibarengi dengan expo kewirausahaan yang diikuti perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dari lima provinsi.

Pada rangkaian acara tersebut juga dilangsungkan national job training, seminar nasional perencanaan karier, dan workshop wirausaha tingkat nasional. Agenda ini ditujukan untuk lulusan UAD, mahasiswa, dan umum. Jobfair 2019 diikuti sekitar 20-an perusahaan yang menjadi mitra UAD. Sementara expo kewirausahaan diikuti 18 tim dari tujuh PTMA.

Dr. Dedi Pramono, M.Hum. Kepala Bimawa mengatakan, dalam kegiatan ini mahasiswa maupun lulusan mendapatkan pelatihan tentang perencanaan karier, job training, dan workshop kewirausahaan. Sehingga, diharapkan nantinya dapat berwirausaha sendiri dan memiliki startup.

“Pada kesempatan ini kami juga meluncurkan Sikali. Sikali ini merupakan sarana yang ditujukan untuk mempermudah akses antara alumni dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” jelasnya.

Di sisi lain, Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. menjelaskan, tahun 2015−2020 diprediksikan ada 1,5 miliar tenaga kerja manual kehilangan lapangan pekerjaan. Sebab pekerjaan telah digantikan dengan mesin atau robot.

“Kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat telah mengubah permintaan tenaga kerja dari dunia usaha dan industri. Oleh karenanya UAD tidak hanya membekali mahasiswa ilmu semata. Namun UAD juga membekali mahasiswa kemampuan soft skills atau sekarang dengan nama employability skills,” ungkapnya. (ard)