Bio Expo 2019: Edukasi Soal Lingkungan

116

Himpunan mahasiswa Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan acara Bio Expo 2019 bertemakan “Biodiversity for The Incredible Experience” dari tanggal 25−26 September 2019. Kegiatan ini bertempat di Kampus Utama UAD.

“Acara Bio Expo ini pertama kali diadakan. Hari pertama diisi pengenalan dari komunitas yang ada di Program Studi Biologi, bazar makanan, akustik, tari, dan pameran alat-alat peraga yang dihasilkan mahasiswa serta dosen Biologi. Kami juga mengundang Kampung Satwa yang memamerkan hewan-hewan,” jelas Eko selaku ketua pelaksana.

Bio Expo bertujuan mengedukasi dan mengajak mahasiswa Biologi UAD serta mahasiswa UAD agar peduli terhadap isu-isu kerusakan lingkungan dan berperan dalam memperbaikinya. Sambutan dari mahasiswa Biologi sangat antusias, kolaborasi antara mahasiswa dan dosen menghasilkan alat peraga untuk memudahkan pemahaman dalam pembelajaran Biologi.

Ketua Program Studi Biologi, Dra. Listiatie Budi Utami, M.Sc. mengapresiasi mahasiswa yang telah menginisiasi acara ini dan mengajak seluruh sivitas akademika Biologi UAD menghimpun energi semangat untuk kegiatan positif.

“Kami mengundang Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) untuk turut serta hadir dan berpartisipasi. Acara hari kedua, kami menampilkan riset-riset yang sudah dilakukan dan pameran dari tiap kelas. Di Program Studi Biologi UAD terdapat komunitas yang menjadi wadah menampung kreativitas mahasiswa seperti akustik Biotik, Bio Tari, Biologi Futsal Club, dan Biologi English Club. Ada juga kelompok studi untuk keberlangsungan akademik seperti Microscave khusus mikro biologi, S-Quad fokus pada studi serangga, Binobio pada studi tentang burung, dan Biopera tentang reptil,” tutupnya. (JM)