BIOSHAREit: Sosialisasi Kerja Praktik

0
84

Kerja praktik adalah salah satu matakuliah wajib yang ada di semua program studi di lingkungan fakultas ilmu terapan. Mahasiswa melakukan proses belajar sekaligus bekerja di suatu perusahaan/lembaga/institusi dengan tujuan mendapatkan pengalaman kerja dan melakukan pengamatan terhadap pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi masing-masing program studi.

Tujuan kerja praktik yaitu mengembangkan mental dan budaya di lingkungan pekerja, mampu mengenali permasalahan dan mengaplikasikan kemampuan/keahlian yang dimiliki, melatih diri mendokumentasikan dan membuat laporan-laporan kerja, serta sebagai langkah awal mengenal dunia kerja sebelum benar-benar terjun secara langsung.

Untuk mendukung kerja praktik secara maksimal, maka pada Minggu, 22 September 2019, bertempat di Sargede Kampus II Unit B, Himpunan mahasiswa Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan acara BIOSHAREit dengan tajuk “Mempersiapkan Diri Menuju Peradaban 4.0”.

“Acara BIOSHAREit ini tentang sosialisasi kerja praktik untuk mahasiswa Biologi UAD semester 5, membahas lokasi, syarat-syarat, dan kerja praktik. Tema ini dipilih sebagai persiapan mahasiswa menghadapi perubahan zaman yang terjadi seperti pada teknologi dan informasi yang sangat pesat. Sejauh ini kendala kerja praktik yang ditemui yaitu diambil bukan pada waktunya dan belum ada balasan dari pihak yang dituju untuk pelaksanaan,” ujar Clariza selaku ketua pelaksana acara.

Sementara itu Nur Ryan Setiawan selaku pembicara dalam acara ini mengungkapkan, “Sebelum melaksanakan kerja praktik, baiknya tentukan pilihan sesuai kemampuan dan keinginan, mencari dan menghubungi instansi yang hendak dituju, menghubungi pihak kampus untuk mengurus perizinan, dan sabar menunggu konfirmasi. Kerja praktik juga bisa dikembangkan menjadi skripsi. Sebelum terjun ke lapangan, perbanyak baca jurnal penelitian atau laporan kerja praktik yang akan dituju, dan buatlah judul laporan serupa jurnal.” (JM)