Cita Rasa Baru Makrab JAB

0
184

 

Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB) UAD Yogyakarta menyelenggarakan workshop teater untuk pertama kalinya. Acara diadakan selama empat hari yaitu pada tanggal 25 dan 29 Desember 2013 di Auditorium dan RHT Kampus 2 UAD serta pada 3 dan 4 Januari 2014 di ruang GB4 Kampus 2 yang langsung dilanjutkan ke Pantai Pelangi. Workshop diikuti oleh 38 calon anggota baru JAB.

Workshop ini diselenggarakan sebagai wujud inovasi atau pembaharuan yang dilakukan oleh JAB untuk menggantikan makrab yang biasanya dilaksanakan satu malam namun dengan materi yang sangat banyak,” jelas Diyah Hidayani selaku Ketua Panitia.

Nasirin, Ketua Teater JAB menambahkan, “Semoga workshop ini menjadi titik awal dari tercetaknya generasi-generasi teater JAB yang berdedikasi, intuitif, dan inspiratif dalam seni maupun akademik.”

Hari pertama workshop di hari Rabu (25/12/13), menghadirkan tokoh-tokoh teater yang ada di Yogyakarta seperti Harjanto Said, S. Arimba, Zuhdi Sang, dan Puntung C.M. Pudjadi. Masing-masing memberikan materi tentang sejarah teater dunia, sejarah teater JAB, keaktoran, serta penyutradaraan.

Workshop selanjutnya pada hari Minggu (29/12/13), hadir pemateri lain seperti Latif S. Nugraha yang berbicara tentang manajemen produksi, Anter Asmorotedjo dengan materi tentang tari, Mahwi Air Tawar menyampaikan bidang kesusastraan, serta Ramdhani Mangku Alam (Dhani Brian) dengan materi rias karakter. Sementara itu, pada Jumat (3/1/14), Afrizal Okta Putra menyampaikan materi tentang musik dan Agus Prasetyo (Agus Laylor) menyampaikan tentang setting dan lighting. Sabtu (4/1/14), hari terakhir diisi dengan materi olah tubuh yang disampaikan oleh Yusup Riawan, olah vokal oleh Nasirin, dan olah rasa oleh Edi Sulistyo.

Silvi, salah satu peserta mengaku senang mendapatkan motivasi dan ilmu baru. Dia pun merasa semakin akrab dengan teman-teman. Meski kaki terasa pegal kegiatan lebih banyak dilakukan dengan mendengarkan materi seharian namun lebih banyak pengalaman yang tak perlu diungkapkan dengan banyak kata. Hanya satu kata, asyik!(idj)