Dahlan Muda Kreatif 2019

0
254

Bidang Humas dan Protokol Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Dahlan Muda Kreatif 2019. Acara ini merupakan yang pertama kali dilangsungkan untuk mengedukasi mahasiswa UAD dalam ketatnya persaingan di era yang sudah serba teknologi.

Acara yang berlangsung di Amphitarium Kampus Utama UAD, Kamis (26-9-2019) menghadirkan komika dan content creator Dzawin Nur serta Peneman Band. Turut hadir juga pemenang lomba foto dan video serba-serbi Program Pengenalan Kampus (P2K) UAD 2019, dan talent hunt terpilih.

Pada kesempatan ini, Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum. dalam sambutannya mengatakan mahasiswa UAD harus kreatif dan inovatif. Sebab dunia kerja membutuhkan tenaga yang profesional dan memiliki keterampilan lebih.

“Saat ini problemnya adalah ketidaksesuaian kemampuan pencari kerja dengan lowongan yang dibutuhkan. Jadi kerjanya apa, keterampilannya apa. Tidak cocok,” jelas Kasiyarno.

Ia menambahkan, ketidaksesuaian ini mungkin dilatarbelakangi banyaknya teori yang diajarkan dan minimnya praktikum di lingkungan pendidikan. Sementara di UAD saat ini, sudah tidak theoretic oriented tetapi sudah semi vokasi.

“Mahasiswa UAD tidak hanya diajarkan teori-teori saja. Sekarang sudah semi vokasi. Jadi lebih banyak praktikumnya supaya punya pengalaman kerja. Kami juga mengimbau supaya mahasiswa aktif berorganisasi, sebab ini akan menjadi nilai lebih saat bekerja nanti,” katanya.

Kasiyarno berharap mahasiswa maupun lulusan UAD untuk tidak berhenti menjadi orang yang kreatif dan inovatif. Sebab jika tidak demikian tidak akan maju dan membawa perubahan baik. Fenomena perkembangan teknologi sangat cepat, jadi juga harus berani menciptakan kesempatan atau peluang dan mengambil risiko.

Di sisi lain, Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD, Ariadi Nugraha, S.Pd., M.Pd. mengharapkan mahasiswa UAD semakin melek teknologi dan bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk mengembangkan karier. (ard)