Es Krim Ekstrak Daun Mangga Cegah Obesitas

179

Mencari pengalaman, itulah yang tebersit dalam pikiran Reni Meyleni. Walaupun tidak mengharap juara, justru ia mendapat juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, yang dilaksanakan pada 14−17 November 2019. Reni tak berjuang sendiri, ia tergabung dalam sebuah tim yang diketuai oleh Dhifa Luthfiah dan Shaffanisa Noor Haqqani sebagai anggota. Ketiganya mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi. Mereka mengangkat judul “Solusi Pencegahan Obesitas pada Anak dengan X-Damaga (Es Krim Ekstrak Daun Mangga (Mangifera Indica L.))”.

Ide berasal dari permasalahan dan penyakit yang ada di Indonesia. Awalnya mengambil tema ibu dan anak. Lalu diambil spesifikasinya menjadi anak saja. Obesitas merupakan penyakit yang dialami oleh anak masa kini, yang dari tahun ke tahun meningkat. Kemudian dicari zat-zat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Reni dan timnya mencari pada tumbuhan, ternyata ada di dalam daun mangga.

Daun mangga kemudian diambil ekstraknya dan dicampur pada es krim. Sengaja dipilih es krim karena anak-anak suka makanan dan tidak suka dalam wujud obat. Hal tersebut supaya upaya pencegahan obesitas pada anak-anak berhasil. Selain itu, pemanis buatan diubah menggunakan daun stevia yang merupakan daun nonkalori. Rasa manisnya tidak kalah dengan pemanis yang lain karena 300 kali pemanis tebu.

“Bagi teman-teman mahasiswa UAD, jangan takut untuk mengikuti berbagai event. Jangan malas untuk berkarya dan berprestasi. Ketika kamu bermalas-malasan, maka tidak akan tahu kesempatan untuk maju,” tutupnya pada 7-12-19 di Kampus III UAD. (Dew)