FTI UAD Jalin MoU dengan PT Mega Andalan Kalasan (MAK)

0
329

Jumat, 5 Juli 2013, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), Yogyakarta tandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan PT Mega Andalan Kalasan (MAK) Yogyakarta di Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Penandatanganan diwakili oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan) dan Ir. Susanto, M.Sc. (Wakil Direktur bidang Pengembangan Ilmu & Teknologi dan Industri Kecil, PT Mega Andalan Kalasan Yogyakarta)

Menurut Kartika Firdausy. Kerjasama ini merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang didukung oleh 4 (empat) program studi yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI-UAD), yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro.

Lebih lanjut Kartika Firdausy menuturkan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan Pelaksanaan Penelitian, Kerja Praktek, dan Kunjungan Industri mahasiswa lebih baik. Mahasiswa dapat pengembangan dan penerapan teknologi. Selain untuk jasa konsultasi dan pelatihan juga sebagai penelitian yang terkait dengan peralatan dan proses di industry. Ini akan menjadi pembekalan mengenai deskripsi dan informasi dunia kerja secara menyeluruh kepada mahasiswa.

“Diharapkan akan muncul sinergi yang harmonis antara pendidikan tinggi yang bermutu ditunjang dengan perusahaan yang memiliki komitmen tinggi di bidang pengembangan produk dalam negeri yang kreatif dan kompetitif dalam skala global seperti PT Mega Andalan Kalasan Yogyakarta (MAK)” harapnya

PT Mega Andalan Kalasan Yogyakarta (MAK) sendiri merupakan perusahaan yang saat ini fokus pada produk perlengkapan Rumah Sakit. berdiri pada tahun 1988, dengan bantuan tim kreatif dan pegawai yang berdedikasi, MAK sekarang ini menjadi pemimpin (di Indonesia) pada desain dan produk untuk perlengkapan Rumah Sakit.

“Para dosen dan mahasiswa dapat melakukan eksplorasi terhadap teknologi yang diterapkan di dunia industri sehingga untuk selanjutnya dapat dimungkinkan untuk melakukan implementasi teori-teori yang dikaji di perguruan tinggi yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi problem yang dihadapi dunia industry” ungkap Kartika.

Setelah penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium di lingkungan FTI UAD. Acara dihadiri dari pihak MAK: Bp. Lanjar Wahyudi, M.Si (HRD) dan dari pihak FTI UAD: para Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan Kepala Laboratorium di lingkungan FTI UAD. (Doc/sbwh)