Ichlas: Juara I Speech Competition 2019

0
71

Muhammad Ichlasul Amal Rifa’i, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih juara I Speech Competition dalam acara National English Competition 2019 yang diselenggarakan di UIN Walisongo, Semarang. National English Competition merupakan lomba dengan tema speech dan essay yang berfokus dalam pemersatuan bangsa.

“Saya memang selalu senang dalam berdiskusi perihal isu-isu sosial, khususnya yang sedang terjadi di dunia kita. Maka dari itu, saya mencoba untuk meningkatkan kualitas public speaking dengan berlatih speech serta mengikuti berbagai lomba. Saya diberi tema untuk speech, 1 minggu sebelum perlombaan, setelah itu diambil 5 besar untuk bertanding lagi di final dengan diberi waktu 15 menit, untuk speech 5 menit,” ungkapnya.

Ichlas sapaan akrabnya, sebelumnya pernah menorehkan prestasi juara I English speech yang diadakan oleh UNNES Semarang tahun 2017. Ia juga meraih prestasi juara II Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2018.

“Alhamdulillah teman-teman khususnya di komunitas Debate Community UAD (DeCo UAD) sangat mendukung serta membantu saya dalam melewati segala proses, untuk keluarga sangat mendukung, keluarga merupakan support system utama saya,” pungkasnya.

Ichlas berharap di lomba selanjutnya ia bisa bertanding di perlombaan debat bahasa Inggris lagi. Ia memiliki impian bisa mengikuti perlombaan tingkat international. (JM)