Kenalkan UKM untuk Mengukir Prestasi

0
67

Sebagai perguruan tinggi yang selalu haus prestasi, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selalu melakukan pembinaan dan pelatihan secara serius kepada mahasiswanya. Salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM dikenalkan kepada mahasiswa baru saat Program Pengenalan Kampus (P2K). Kegiatan pengenalan UKM ini menjadi salah satu yang wajib ada saat P2K berlangsung.

“Pada dasarnya mahasiswa memiliki potensi diri yang masih perlu diasah dan dikembangkan. Baik di bidang bakat minat, penalaran, maupun yang lainnya. Jadi pengenalan UKM saat P2K bertujuan supaya mahasiswa baru tahu apa yang harus dilakukan ketika sudah kuliah di UAD,” jelas Danang Sukantar, M.Pd. Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa, Selasa (3-9-2019).

Selain itu, UAD juga mendorong mahasiswanya supaya memiliki keseimbangan antara kemampuan akadamik dan non-akademik, serta hard skills dan soft skills. Keseimbangan ini akan membantu mahasiswa di dunia kerja nantinya.

 

Lebih lanjut, Danang menjelaskan, organisasi kemahasiswaan seperti UKM juga melatih kemampuan manajemen, komunikasi, personal, sikap, perilaku, dan sebagainya. “Misalnya suka fotografi akan masuk ke UKM Lensa. Tidak hanya kemampuan fotografinya saja yang diolah, tetapi juga kemampuan berorganisasi.”

Secara umum, seluruh UKM di UAD banyak peminatnya. Bahkan di beberapa UKM ada yang melakukan seleksi secara khusus untuk penjaringan. Tetapi, dalam hal ini seleksi alam juga tetap berlaku. Hanya mahasiswa yang memiliki passion dan tekad kuat yang dapat bertahan.

“Sebenarnya selain UKM, di UAD juga ada komunitas. Jadi mahasiswa baru dapat memilih sesuai dengan minat bakatnya. Jika merasa tidak cocok di UKM, bisa bergabung dengan komunitas yang ada,” tandas Danang.

Dengan mengikuti organisasi seperti UKM dan komunitas, mahasiswa baru UAD berkesempatan menjadi seorang juara. Terbukti, banyak prestasi di UAD yang dihasilkan dari UKM maupun komunitas di level regional, nasional, maupun internasional. (ard)