Kerja Sama UAD dengan Universitas Belanda dan Jerman

0
213

Demi meningkatkan kemajuan akademik dan penelitian, UAD jalin kerja sama dengan tiga universitas di Eropa, yaitu University of Groningen (RUG) dan Leiden University Medical Centre (LUMC) di Belanda, serta University of Oldenburg di Jerman.  Pada tanggal 14-17 Januari lalu, pihak UAD mengadakan kunjungan ke Eropa.

Kepala Kantor Urusan Internasional, Ida Puspita, S.S., M.A.Res., menjelaskan, kunjungan ke dua negara di Eropa merupakan upaya mempersiapkan kerja sama riset, pertukaran tenaga pengajar (academic staff exchange), pengiriman staf untuk studi S3, serta penjajakan kerja sama yang lebih kongkret di bidang akademik lainnya. Terutama yang tertuang dalam tawaran skema pembiayaan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Di University of Groningen Belanda, tim UAD disambut oleh Prof. Sibrand Poppema yang membahas penjajakan kerja sama riset dan akademik Fakultas Farmasi, Teknologi Industri, serta jurusan Pendidikan Fisika dan Biologi. Selanjutnya, tim UAD berkunjung ke Faculty of Mathematics and Natural Sciences untuk berdiskusi dengan perwakilan jurusan Pendidikan Fisika, Teknologi Manajemen, Computer Science, Science and Society, dan Farmasi untuk membahas beberapa proposal riset S3 yang dikirim oleh dosen-dosen di FTI, Farmasi, MIPA dan Pendidikan Fisika FKIP. Kunjungan ke fakultas tersebut juga bertujuan untuk menjalin kerja sama di bidang riset dan pertukaran staf akademik.

“Proposal kerja sama riset yang diajukan oleh Pusat CIRNOV (Center for Integrated Research and Innovation) UAD ke Science and Society RUG mendapat respon yang baik. Mereka akan bekrerja sama riset pemanfaatan “pletekan” sebagai sistem peringatan dini bagi bahaya banjir. Kemudian, proposal S3 yang telah mendapatkan potential professor adalah dari Pendidikan Fisika UAD,” terang Ida.

Ida pun melanjutkan bahwa di Leiden University Medical Centre (LUMC) rencana kerja sama yang ditawarkan oleh UAD dalam bidang riset disambut dengan baik. Hal itu diwujudkan dengan rencana pengiriman staf untuk studi S3 serta pertukaran staf akademik.

Kerja sama dengan LUMC sudah dirintis sejak UAD mengundang staf akademik dari LUMC, Prof. A. Kaptein, sebagai visiting professor di Fakultas Farmasi (S1 dan S2) dan Fak. Psikologi (S1 dan S2) selama satu bulan pada Oktober 2013. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan pada Oktober 2014 mendatang. “Peluang kerja sama antara LUMC dengan Farmasi UAD terutama di bidang pharmacology dan pharmaco-economics,” kenang Ida.

Sedangkan di University of Oldenburg Jerman, tim UAD mengunjungi pusat penelitian untuk energi terbarukan dan berdikusi dengan jajaran dekanat Faculty of Mathematics and Sciences dan Ketua Program Pascasarjana universitas tersebut. Mereka membicarakan tentang peluang kerja sama riset dan pertukaran staf akademik. Selanjutnya, delegasi UAD disambut oleh Vice President University of Oldenburg, Prof. Dr. Bernd Siebenhüner.

Ida menuturkan bahwa hasil-hasil dari kunjungan ini sangat positif bagi kedua universitas. Salah satu yang terpenting adalah University of Oldenburg membuka peluang bagi staf akademik UAD untuk mengadakan kerja sama riset di bidang unggulan seperti wind energy research, organic photovoltaics, nano energy research, marine biology, tidal energy (energy arus laut) dan neurosciences.

Selain itu, lanjut Ida, University of Oldenburg juga terbuka bagi alumni UAD yang ingin melanjutkan studi master pada program pascasarjana renewable energy dan memberikan tawaran staf pengajar untuk melakukan riset S3/PhD bidang renewable energy, manajemen pendidikan, biologi, fisika, teknik kimia dan teknik elektro.

Kerja sama dengan universitas tersebut sangat terbuka lebar mengingat universitas ini berangkat dari College of Teacher Training. Hal ini serupa dengan sejarah IKIP di UAD sehingga terdapat banyak jurusan kependidikan di University of Oldenburg yang fokus pada bidang riset dan pengajaran. Mereka menawarkan pada para staf akademik UAD yang akan melakukan kerja sama riset untuk dapat mengajar selama berkegiatan di University of Oldenburg.

Selain Ida Puspita, kunjungan juga diikuti oleh Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Dr. Widodo, Dekan Fakultas Farmasi,  Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Apt., Ph.D., Dekan Fakultas Teknologi Industri, Kartika Firdausy, S.T., M.T., dan Dosen Teknik Kimia, Dr. Ing. Suhendra. “Dengan hasil kunjungan di tiga universitas Eropa tersebut, semoga UAD dapat mencapai kemajuan dan prestasi akademik serta meningkatkan prestasi mahasiswa dan lulusannya,” harap Kasiyarno.