KKN UAD: Manfaatkan Olahan Jerami Padi Guna Mensiasati Paceklik Pangan Ternak

0
193

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) manfaatkan jerami padi guna mensiasati paceklik pangan ternak di dusun Gangsalan Desa Ngelindur Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul.

Menurut Bapak Agung yang mewakili camat pada saat sarah terima KKN UAD Selasa (16/7/2013) di Kecamatan Girisubo. Biasanya kalau musim kemarau, di sini ternak makan ternak. Masyarakat akan menjual ternaknya untuk membeli pakan ternak. Melalui program PPM KKN UAD yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (Silase) dengan Bahan Dasar Jerami Padi Guna Mensiasati Paceklik Pangan Ternak di Dusun Gangsalan Desa Ngelindur Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul” akan memberikan solusi bagi masyarakat.

Isana Arum Primasari, S.T., M.T.. Perwakilan dari Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) UAD mengatakan. Di sini ketika kemarau sangat sulit mencari pangan ternak akibatnya pangan ternak menjadi mahal. Untuk mensiasati hal tersebut, Jerami padi yang biasanya dibakar akan diolah menjadi pakan ternak yang nantinya akan menjadi pakan ternak di musim paceklik.

“Dengan adanya program KKN PPM diharapkan dapat membantu warga untuk mengatasi musim panceklik. Selain itu, juga ada beberapa program lain seperti pelatihan-pelatihan yang akan dibarikan oleh mahasiswa KKN. Di sini tidak hanya KKN saja, tapi bagaimana mahasiswa memperdayakan masyarakat” terang Isana Arum Primasari saat serah terima mahasiswa.(Sbwh)