Komunitas Studi Pajak (KSP) Ajak Mahasiswa UAD Kenali Pajak

0
113

Mahasiswa Ekonomi tentu tidak asing dengan perpajakan. Sayangnya, kesadaran untuk membayar pajak masih minim, baik dalam lingkup masyarakat maupun mahasiswa. Komunitas Studi Pajak (KSP) salah satu komunitas di bawah naungan Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang sudah berdiri sejak 2017, akhirnya mengajak mahasiswa mengenal pajak.

KSP mengadakan seminar nasional pajak 2020 di Auditorium Kampus I pada Rabu (9-1-2020). “Peran dan Fungsi Pajak bagi Pembangunan dan Perekonomian Indonesia” menjadi tema yang diangkat pada seminar tersebut. Yunipan Nur Yogananta, S.E., MBA. selaku Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DIY, Heru P. Nugroho, S.E., MBA. selaku Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY, dan Alia Ariesanti, S.E., M.Si., Ak,C.A. selaku Dosen Fakultas Ekonomi UAD menjadi pembicara pada seminar tersebut, didampingi oleh Ari Usman, S.E. selaku moderator.

Alokasi penerimaan pajak dan dampak dari penurunan penerimaan pajak menjadi materi penting yang dipaparkan oleh Direk torat Jenderal Perbendaharaan DIY. Alia Arianti selaku pemateri memberikan gambaran bahwa pentingnya membayar pajak bagi pembangunan negara.

“Apakah lebih baik membayar zakat daripada pajak?” tanya Alia saat sesi pemaparan materi.

Jika zakat hanya diperuntukkan umat Islam dan hanya diberikan bagi delapan golongan, maka berbeda dengan pajak. Orang kaya maupun miskin semuanya wajib membayar pajak. Seluruh pengeluaran dan kebutuhan negara bahkan utang negara sekalipun, dapat terlunasi dengan masyarakat tertib membayar pajak.

Dr. Salamatun Asakdiyah, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi menambahkan bahwa persoalan pajak tidak cukup hanya dibahas di dalam kelas. Sehingga perlu diadakan kegiatan tambahan bagi mahasiswa baik seminar maupun workshop sebagai pengetahuan. Terlebih mahasiswa ekonomi memiliki peran penting untuk mengawal pemerintah dan mengajak agar masyarakat taat pajak.

“Semoga setelah mendapat pengetahuan ini, mahasiswa Ekonomi mampu memahami peran pajak bagi pembangunan negara sekaligus menjadi pelopor taat pajak,” harap Mafis, mahasiswi Program Studi Ekonomi Pembangunan selaku Ketua KSP UAD saat ditemui di Auditorium Kampus I UAD. (Chk)