Konsen Halal, UAD Adakan Pelatihan Auditor

0
50

Sebagai perguruan tinggi yang konsen terhadap halal, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan auditor halal. Pelatihan ini diikuti peserta dari 11 universitas yang ada di Indonesia.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Islamic Center UAD Kampus Utama UAD, Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul Yogyakarta, pada 29−31 Agustus 2019, mengusung tema “Menyongsong Implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal”.

Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kerja Halal Center UAD.

“Bagi umat Islam, makanan halal menjadi suatu yang diharuskan. Dengan adanya pelatihan auditor ini diharapkan dapat mensertifikasi dan menjalankan tugas dengan sebaiknya,” katanya.

 

 

 

 

 

 

 

Ia menambahkan, memastikan kehalalan menjadi tanggung jawab yang besar. Memastikan halal dari bahan hingga proses produksi butuh kejelian dan profesionalitas.

Sementara Dr. Nurkasanah Ketua Halal Center UAD menjelaskan, para peserta pelatihan sudah konsen di halal sejak lama. Dari keterangannya ada kemungkinan lembaga selain Majelis Ulama Indonesia dapat memberi sertifikasi halal.

“Sertifikasi halal tidak hanya dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) MUI. Negara membuka kemungkinan lembaga lain bisa menjadi sertifikasi halal. Ini peluang yang harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD Dr. Widodo, M.Si. menjelaskan, sesuai undang-undang yang berlaku semua produk harus bersertifikasi halal. “Jadi peserta akan benar-benar dilatih sebagai auditor. Di akhir sesi akan ada tes tertulis untuk mengukur kelayakan auditor.” (ard)