Lanange Jagad Robot UAD Raih Peringkat IV Naisional

0
135

Kegiatan Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional 2014 merupakan acara tahunan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional 2014 ini terbagi menjadi 5 kategori:

1.   Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)

2.   Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda

3.   Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki

4.   Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)

5.   Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI)

 

Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh tuan rumah Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 24-27 Juni 2014, sudah menghasilkan para jawara robot terbaik dari setiap tim yang mewakili perguruan tinggi masing-masing. Kontes robot tingkat nasional yang digelar di Gor UNY ini diikuti sebanyak 104 tim robot dari 53 Perguruan tinggi se-Indonesia. Seperti yang diberitakan web fti.uad.ac.id  pada tanggal 25 Juni 2014 kemarin, tim robot UAD sendiri mengirimkan tiga Tim yaitu, TIM KRPAI Berkaki, TIM KRPAI Beroda, dan TIM KRSI.

Dua Tim Robot UAD yaitu KRPAI Beroda (Fire_X) dan KRPAI Berkaki (RDC Al-Jazari) belum mampu melanjutkan untuk menuju ke babak selanjutnya, sehingga dalam perlombaan tersebut hanya menyisakan satu tim robot perwakilan dari UAD yang berhasil melaju ke babak semifinal, yaitu TIM KRSI Lanange Jagad. Tim robot UAD Lanange Jagad sudah mengerahkan segala kemampuannya di arena untuk bertanding dengan tim robot dari perguruan tinggi lain untuk menghasilkan prestasi yang terbaik, sehingga tim robot UAD harus puas menduduki peringkat ke IV nasional kategori Kontes Robot Seni (KRSI) 2014. Untuk menuju pada ajang kontes nasional ini memang tidak semudah apa yang dibayangkan, para tim robot harus melalui seleksi yang cukup ketat serta harus melalui tahap perlombaan, baik ditingkat regional untuk bisa mendapatkan satu tiket guna melaju pada perlombaan di tingkat nasional ini.

Kontes Robot Seni Indonesia  (KRSI) merupakan kontes robot asli Indonesia. Divisi ini menuntut perpaduan teknologi dengan seni, yaitu membuat teknologi robot yang menirukan gerakan seperti penari sungguhan. Robot tersebut  juga dituntut untuk menyelaraskan dengan bunyi musik iringan /gamelan. Dalam kontes KRSI 2014 tersebut mengambil tema “Robot Penari Legong Keraton”. Legong Keraton merupakan tarian klasik Bali yang memiliki perbendaharaan gerak yang komplek dan diikat oleh struktur tabuh pengiring. Struktur tari legong umumnya terdiri dari gerak papeson, pangawak, pengecet, dan pakaad. Robot mulai bergerak dari HOME menuju FINISH dengan memperagakan gerakan tari legong dengan diselaraskan dengan musik iringan. Pada tengah  pertandingan ini musik akan dihentikan, dan diharapkan robot juga akan berhenti bergerak, dan robot akan melanjutkan geraknya jika music dibunyikan kembali. Teknologi yang digunakan, dan keluwesan geraknya akan dinilai oleh dewan jurii untuk menentukan pemenang.

Selamat kepada tiga tim robot UAD yang sudah bertanding di ajang nasional sehingga membawa nama harum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.  Meskipun hanya satu tim yang mendapat prestasi menduduki peringkat ke IV nasional kategori Kontes Robot Seni Indonesia, kami selaku dekan mewakili UAD menyampaikan penghargaan yang tak terhingga atas kerja keras para dosen pembimbing, serta seluruh mahasiswa tim robot UAD, yang dari awal persiapan sampai menuju perlombaan telah mencurahkan waktu dan pikirannya, untuk bertanding baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional. Semoga prestasi ini bisa memacu semangat mahasiswa UAD lainnya untuk menghasilkan prestasi yang terbaik. Diharapkan juga dalam kegiatan Kontes Robot Indonesia Nasional 2014 kali ini, mahasiswa mampu mengasah dan mengembangkan talenta untuk menunjukkan prestasi dan kemampuan dalam bidang perancangan, implementasi, strategi serta kekompakan tim.  ”Ungkap Kartika Firdausy, S.T., M.T.”

Berikut Nama  Anggota Tim Robot UAD :

 

Tim Robot KRSI Lanange Jagad

Dosen pembimbing Dr. Abdul Fadlil, M.T.

1. M. Taufiq Nur Thoyib

2. Umar Abdul Majid

3. Arsyad Cahya Subrata

4. Bayu Kurniawan

5. Ichsanulhaq Izatul Wafa

Profil Video Robot KRSI UAD http://www.youtube.com robot lanange jagad uad yogyakarta

 

Tim KRPAI Beroda Fire_X

Dosen Pembimbing Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng.

1. Jehian Kemal Sri Artantyo

2. Muhammad Ramadhani

4. Dian Taufik Hendra Nugraha

5. Helmi Nasyir Bedolo

Profil video robot KRPAI beroda UAD  www.youtube.com robot fire-x uad yogyakarta

 

TIM KRPAI Berkaki RDC Al – Jazari

Dosen Pembimbing Ikhsan Hidayat, S.T.

1. Novan Madiyanto

2. Heri Santoso

3. Ary Rachman

4. Hendril Satrian Purnama Raivan Nauval

Profil video robot KRPAI berkaki www.youtube.com robot rdc al-jazari uad yogyakarta (doc)