Laporan Tahunan Rektor Jadikan Wahana Pertanggungjawaban

238

Sabtu, (21-12-2019) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka sebagai rangkaian Milad UAD ke-59 tahun. Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD menyampaikan pidato dengan memaparkan laporan tahunan rektor. “Menuju akhir tahun ini, jadikan sebagai wadah pertanggungjawaban tentang apa saja yang sudah dicapai oleh UAD pada tahun 2019, serta harapan dan impian di tahun depan,” ungkapnya saat menyampaikan laporan tahunan rektor di Auditorium Kampus I UAD.

Rektor UAD memberikan Pidato Laporan Akhir Tahun pada Sidang Senat Terbuka

UAD pada tahun 2019 telah mengalami kemajuan yang signifikan, baik dalam prestasi mahasiswa, penelitian dosen, serta jumlah mahasiswa. Sejak 2017, UAD telah meraih akreditasi institusi dengan predikat A. Program Studi Sastra Indonesia, Ilmu Hukum, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menjadi program studi yang terakreditasi A pada tahun 2019. Hal tersebut menjadikan prosentase 43% program studi terakreditasi A, 47% program studi terakreditasi B, dan 10% program studi terakreditasi C.

Mahasiswa ikut serta mengharumkan nama UAD dalam segala lini, baik prestasi akademik, olahraga, maupun penelitian. Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019, UAD menjadi PTS satu-satunya yang menempati posisi 15 besar. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) meningkat 4 kali lipat menjadi 33 judul yang didanai oleh Kementerian Riset Dikti. Begitu pula mahasiswa asing UAD yang ikut menyumbangkan berbagai piala dengan menyabet gelar Juara 2 Lomba Bercerita dan kejuaraan lainnya. Di sisi lain, kontingen Tapak Suci juga berhasil meraih Juara Umum I pada ajang Tapak Suci Internasional 2019 di Lampung.

Selain mahasiswa, dosen turut serta mengabdikan dirinya dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Publikasi karya ilmiah dosen UAD pada tahun 2019 mencapai 885 karya ilmiah berbentuk buku dan 797 karya ilmiah berbentuk artikel terindeks Scopus.

Kerja sama yang dilakukan oleh UAD pada tahun 2018 hingga 2019 mencapai 28 mitra dengan berbagai perguruan tinggi maupun perusahaan nasional. Sedangkan kerja sama internasional sebanyak 106 mitra. Kerja sama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Prestasi seluruh sivitas akademika mengantarkan UAD berhasil naik Klaster dari Sangat Memuaskan di tahun lalu menjadi Klaster Unggul pada tahun ini.

Sidang Senat Terbuka dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Ali Gufron Mukti selaku Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang menyampaikan materi tentang media berkeadapan untuk mewujudkan masyarakat berpendidikan media di era RI 4.0.

Mahasiswa, aktivis, dosen, karyawan, dan tamu undangan baik dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, juga turut menghadiri dan mendengarkan hasil laporan tersebut. Terlebih berita menggembirakan bagi dosen dan karyawan UAD akan adanya kenaikan gaji pada tahun 2020. (Chk)