Leghezo, Permainan Edukasi Kesehatan

0
89

Maraknya penggunaan gawai sebagai media permainan anak di era revolusi industri bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi penggunaan gawai menjadikan seorang anak melek teknologi. Namun, di sisi lain pada usia anak penggunaan secara terus menerus akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan dan menurunnya kepekaan sosial.

Berlatar kondisi tersebut, tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang diketuai oleh Himatul Husna mengembangkan permainan board game yang dinamakan Leghezo. Anggota tim ini di antaranya Elisda Septiyani, Jihan Rizka Syafiya La Moma, Muamar Afdhal Mahendra, dan Yusuf Mahdiansyah Ma’ruf (Teknik Informatika) dengan dosen pembimbing Dr. Widodo Hariyono.

Dari keterangan Himatul, Leghezo merupakan sebuah produk permainan edukasi di bidang kesehatan untuk anak-anak yang berbentuk lingkaran berpetak. Di dalamnya terdapat informasi berbagai macam penyakit serta bagaimana cara melakukan pencegahan yang terdapat dalam sebuah kartu yang disebut health card.

“Di dalam permainan ini juga terdapat pesan-pesan dasar seperti pesan spiritual, mental, dan sosial yang harus dimiliki seorang anak. Permainan didesain warna-warni dan penuh gambar,” ujar Himatul.

Desain warna-warni akan menarik perhatian anak-anak untuk mengenali dan belajar berbagai jenis penyakit serta cara hidup sehat melalui kegiatan bermain. Media permainan ini diharapkan bisa menjadi alternatif orang tua maupun guru di sekolah untuk memberikan edukasi kesehatan dengan cara yang menyenangkan.

Media permainan yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini dijual dengan harga terjangkau. Setiap Leghezo dibanderol 44 ribu rupiah. Pemesanan bisa melalui akun Instagram resmi Leghezo Official. (doc/ard)

https://instagram.com/leghezoofficial?igshid=lchskcpsktcw