Mahasiswa UAD Ciptakan Robot Pembersih Kaca Pencakar Langit

0
219

Tiga mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terdiri atas Yusuf Suwandono, Sri Wulandari, dan Geri Asbi Hasan, ciptakan robot pembersih kaca pencakar langit. Robot tersebut bernama Quadcopter Pembersih Gedung Pencakar Langit (Qursi Genit).

Yusuf Suwandono, Sri Wulandari, dan Geri Asbi Hasan (kiri ke kanan)

“Pembersihan gedung pencakar langit di Indonesia masih menggunakan metode manual, yaitu dengan operator (pekerja gondola) langsung menggantung pada dinding gedung. Cara ini sangat membahayakan nyawa operator yang membersihkan gedung tersebut,” tutur Yusuf Suwandono saat ditemui di Gedung Robot UAD, Jalan Prof. Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta. Ia menceritakan alasan timnya membuat robot itu.

Ketua tim yang sering dipanggil Yusuf ini juga menuturkan, tingginya angka kecelakaan pada proses pembersihan gedung pencakar langit membuat mereka berinovasi. Sehingga, terciptalah ide tersebut guna meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Cara kerja robot cukup sederhana. Robot dihidupkan dan diterbangkan secara manual oleh operator melalui remote control, kemudian didekatkan pada dinding. Dinding yang kotor akan dipantau melalui kamera fpv yang videonya langsung ditransfer ke layar monitor operator. Selanjutnya, jika dinding terlihat kotor, operator akan mengaktifkan logic level untuk menghidupkan pembersih dinding dan menyemprotkan cairan pembersih.

“Harapannya, robot ini dapat membantu operator kebersihan dalam melakukan pembersihan dinding gedung pencakar langit, yang semula dengan cara manual diganti dengan quadcopter. Tentu ini lebih efisien dan tidak mengancam nyawa pekerja,” tutup mahasiswa asal Purbalingga itu, Selasa (15/5/2018). (Ami)