Milad UAD ke-53 Dimeriahkan Debu Berdakwah Lewat Musik

0
178


Bersama tujuh personilnya, Grup Musik Debu memeriahkan milad UAD ke-53 dalam konser dan dakwah di kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (21/12) malam.

Debu yang digawangi oleh Kumayl Mustafa Daood, membawakan 15 lagu dalam konser tersebut. Empat lagu diantaranya merupakan lagu baru mereka yang belum dirilis seperti 'Sudut di Surga', 'Majenun', "Tetap Bersembahyang' serta 'Shalawat'.

"Kami ingin menyampaikan dakwah Islam lewat musik, termasuk bagi generasi muda," ujar Mustafa saat ditemui sebelum konser berlangsung.

Dakwah disampaikan disela-sela lagu yang mereka tampilkan. Seperti cerita singkat tentang hadist Nabi Muhammad serta ayat-ayat Alquran.

"Model dakwah lewat pendekatan musik itu dirasa tepat disampaikan bagi generasi muda. Musik yang bersifat universal akan menarik minat generasi muda untuk belajar tentang ajaran-ajaran Islam”

"Remaja perlu pendekatan yang menarik dalam memahami agama, dan lewat musik dakwah bisa mereka terima dan meninggalkan bekas di hati," ujarnya.

Grup yang sudah menelurkan enam album sejak 2001 lalu itu sangat bangga dengan pemikiran generasi muda Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Mereka tidak terkotak-kotak oleh komunitasnya namun bisa memiliki wawasan dan pengetahuan yang terbuka luas.

Hal itu berbeda dengan yang mereka temui di sejumlah negara lain. Keberagaman Indonesia dimungkinkan menjadi salah satu contoh positif tentang keterbukaan wawasan dan pola pikir generasi mudanya.

"Mahasiswa di sini (Indonesia) lebih terbuka wawasannya, berbeda dari negara lain saat kami temui," tandasnya.

Mustafa menambahkan, berawal dari genre musik yang tak jelas, mereka akan mengembangkan aransemen musiknya. Agar lebih diterima masyarakat, termasuk generasi muda, konsep lagunya akan dibuat lebih easy listening.

Sementara Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum mengungkapkan, pelbagai kegiatan dihelat dalam rangka memeriahkan milad kali ini. Konser dan dakwah itu menjadi salah satu agenda selain seminar, diskusi, upacara milad dan lainnya.

"Kegiatan melibatkan seluruh fakultas secara terpadu. Selain itu, pada kesempatan tersebut juga ada penyerahan hadiah lomba-lomba yang diselenggarakan pada milad ke-53 ini" imbuhnya. (Tr)