Misi PVTO UAD: Nilai Islami, Berkarakter, dan Wirausaha   

0
109

Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) menjadi program studi baru di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada tahun akademik 2019/2020. Ketika Program Pengenalan Kampus (P2K), tiga dosen PVTO UAD mengenalkan lebih jauh tentang visi dan misi kepada mahasiswa baru, Kamis (5-9-2019).

Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang otomotif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai islami. Mengelola dan menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berkarakter nasionalisme. Mengelola dan menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki karakter entrepreneurship, mandiri, dan mampu berwirausaha. Mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan pendidikan. Itulah misi yang dimiliki PVTO.

UAD sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) selalu menanamkan nilai-nilai Islam di setiap program studi. Hal itulah yang menjadi perbedaan dengan perguruan tinggi lainnya. Nantinya, lulusan PVTO UAD diharapkan tidak hanya menjadi pendidik saja tetapi mampu menciptakan lapangan usaha, dengan membuka bengkel dan usaha lain yang bergerak di bidang otomotif.

Kurikulum PVTO membekali mahasiswa dalam bidang keislaman seperti matakuliah Alquran dan Hadits, berkarakter nasionalisme dengan matakuliah pendidikan Pancasila, hingga matakuliah di bidang otomotif. Di antaranya yaitu teknologi otomotif dasar, pengantar pendidikan vokasi, matematika terapan, alat dan perlengkapan kerja, elektronika analog dan digital, serta listrik dan elektronika dasar. Matakuliah tersebut wajib ditempuh mahasiswa pada semester 1.

Badan Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta, Bengkel Toyota Nasmoco Janti Yogyakarta, SMK Muhammadiyah Mungkid, menjadi Lembaga Kerja Sama PVTO UAD, baik menjadi tempat praktik maupun magang mahasiswa.

“Semoga PVTO UAD bisa mengantarkan kami sukses dunia dan akhirat. Ke depannya kami akan buktikan bahwa PVTO UAD dapat berprestasi dan mengharumkan nama UAD sehingga dikenal masyarakat luas,” tutur Aji Apri, penerima beasiswa BPM-KP yang menjadi salah satu maba PVTO UAD. (Chk)