P2K UAD: Kesehatan Maba Jadi Prioritas

170

Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggandeng Rumah Sakit (RS) UAD sebagai mitra untuk pelayanan kesehatan. Pasalnya, pada pelaksanaan P2K tahun 2019 ini kesehatan menjadi prioritas yang diutamakan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Hendy Ristiono, MPH., Apt., selama P2K UAD ingin memberikan kesan baik kepada mahasiswa baru (maba). Jadi pelayanan yang diutamakan.

“Selama empat hari ini kegiatan sudah berjalan sesuai dengan jadwal agenda. Tetapi memang banyak yang harus dievaluasi. Terutama waktu kegiatan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di hari pertama UKM, di Kampus Utama ada 70-an maba yang jatuh sakit, belum di kampus lain,” katanya.

Ia melanjutkan, banyak mahasiswa yang jatuh sakit dikarenakan kondisi yang cukup panas. Ditambah dengan banyak maba yang berangkat pagi tidak sarapan. Kemudian ada juga yang memiliki penyakit bawaan.

“Evaluasi terus kami lakukan. Di hari berikutnya maba yang sakit berkurang sampai sekitar 90%. Ini karena waktu pengenalan UKM yang diefesienkan sehingga tidak sampai siang. Kemudian waktu pengondisian saat pagi juga dipercepat,” imbuhnya. (ard)