Peduli Lingkungan dengan Mengimplementasikan Limbah Rumah Tangga

0
18

 

Dra. Hj. Listiatie Budi Utami, M.Sc. sedang menyampaikan sambutannya dalam acara Pelatihan Teknologi Tepat Guna yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi di kampus 3 UAD, pada Minggu (7/10/2018).

Rangkaian acara Milad ke-18 Biologi, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar pelatihan teknologi tepat guna di kampus 3 UAD Jln. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, pada Minggu (7/10/2018). Pelatihan ini bertema “Implementasi Limbah Rumah Tangga sebagai Langkah Awal dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan”. Peserta diajarkan untuk mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci piring dan pembuatan hidroponik.

Hadir sebagai narasumber yakni tim mahasiswa bimbingan Endah Sulistiawati, S.T.,M.T. (Donianto, Mita Prastika, M. Solihin Akbar) dan Inggita Utami, S.Si.,M. Sc. (Dosen Biologi FMIPA UAD).

Joko Arianto selaku ketua panitia mengatakan, “Tujuan acara ini untuk memanfaatkan limbah rumah tangga yang dapat diimplementasikan sehingga bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali. Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi peserta yang ikut sehingga bisa memanfaatkan limbah-limbah dan dapat digunakan secara efektif, tidak hanya dibuang begitu saja.”

Dalam sambutannya, Dra. Hj. Listiatie Budi Utami, M.Sc. selaku Ketua Program Studi Biologi mengapresiasi acara ini dan berpesan kepada peserta untuk peduli lingkungan dan memahami bahwa musibah tidak hanya datang dari gempa bumi, tsunami, tanah longsor, tetapi bisa datang dari limbah yang dibiarkan menumpuk. Oleh karena itu kita harus peduli lingkungan, memanfaatkan limbah, mengelola limbah dengan baik sehingga berdaya guna.

Dalam materi pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cuci piring, tim mahasiswa menjelaskan cara pembuatan, alat, dan bahan pembuatannya. Tim mahasiswa juga mengajak para peserta untuk ikut praktik langsung dan peserta sangat antusias untuk mencoba. (dta)