Pelatihan Administrasi Ciptakan Organisasi IMM UAD yang Ideal

316

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai salah satu Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah, dengan Trilogi dan Tri Kompetensi yang dimiliki senantiasa memberikan wadah berorganisasi. Salah satu hal yang selalu berkaitan dengan organisasi ialah administrasi. Baik itu keuangan maupun kesekretariatan, perlu dilakukan tertib administrasi sehingga tercipta organisasi yang ideal.

Koordinator Komisariat (Korkom) IMM UAD demi menunjang pentingnya tertib administrasi bagi IMM, mengadakan pelatihan administrasi bagi ketua umum, sekretaris umum, bendahara umum, dan sekretaris bidang pada Sabtu (11-01-2020) di Ruang Serbaguna Kampus Utama UAD.

Foto bersama seluruh peserta pelatihan administrasi

IMM sudah memiliki pedoman administrasi dari tataran pusat, sehingga diharapkan mampu dipahami oleh kader IMM di komisariat. Pentingnya paham dan tertib administrasi mulai dari hal kecil seperti surat-menyurat, pembukuan inventaris, keuangan, dan hal-hal yang bersifat ketatausahaan tentu membuat mahasiswa paham berorganisasi sekaligus administrasi.

“Mewujudkan Tertib Administrasi menuju Organisasi IMM yang Ideal” menjadi tema yang diusung oleh pihak panitia. Azwar Kholid, S.E. selaku Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM DIY menjadi pemateri pada pelatihan tersebut. Pelatihan penulisan surat, mulai dari bagian kop surat, tata letak penulisan tanggal, dan format surat menjadi materi utama yang dipaparkan olehnya.

Pembuatan format keuangan juga dijelaskan secara rinci agar kader IMM dapat paham dan mempraktikannya secara langsung. Pelatihan administrasi dilakukan agar adanya keseragaman baik itu format penulisan, tata letak hingga, hingga penomoran surat di seluruh komisariat IMM se-UAD.

Seluruh Komisariat IMM UAD mulai dari IMM PBII (PKn, PBI, dan PBSI), IMM FSBK (Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi), IMM JPMIPA (Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam), IMM FAST (Fakultas Sains dan Teknologi Terapan), IMM FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat), IMM FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), IMM FH (Fakultas Hukum), IMM FAI (Fakultas Agama Islam), IMM FTI (Fakultas Teknologi Industri), IMM Psikologi, hingga IMM Buya Hamka yang berada di Kampus Wates turut mengikuti pelatihan tersebut.

“Kader IMM semoga lebih tertib administrasi ke depannya. Sebab, kebaikan yang tidak tersusun secara sistematis akan kalah dengan kejahatan yang tersusun secara sistematis. Begitu juga dengan administrasi, apabila tujuan IMM baik namun tidak didukung oleh administrasi yang baik, tentu akan menimbulkan ketidakefektifan dalam kebaikan itu sendiri,” tutur Amiril Mu’minin, mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) angkatan 2017 selaku ketua panitia pelatihan administrasi. (Chk).