Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Populer untuk Dosen UAD

314

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan menulis artikel ilmiah popular untuk dosen. Para dosen sudah terbiasa menulis jurnal ilmiah tingkat nasional dan internasional, namun penulisan artikel ilmiah popular masihlah sedikit.“Padahal dibutuhkan penyebaran ilmu pengetahuan sesuai dengan keilmuan masing-masing. Tentu saja dengan bahasa yang lebih ringan dan dapat dipahami segala lapisan masyarakat,” ungkap Wakil Rektor 1, Dr. Muchlas, M.T. dalam sambutan pembukaan acara di hari Sabtu (14/12).

Acara yang berlangsung di Kampus 3 tersebut diharapkan mampu memotivasi lebih banyak dosen untuk menulis di media. Sejumlah dosen telah banyak menulis di media, namun banyak juga yang belum secara produktif rutin menulis. Salah satu yang cukup produktif menulis adalah Norma Sari S.H. M.Hum. Seorang dosen Fakultas Hukum yang pada kesempatan tersebut turut menyampaikan pengalamannya menulis di media.

Menurut Norma Sari, menjadi penulis harus sabar dan harus mengenal media yang dituju.  Penulis harus mengenal karakter media tersebut agar tidak salah sasaran. “Setiap media memiliki ciri dan kebutuhan masing-masing,” ujarnya membagi informasi. Lebih lanjut Norma menambahkan, untuk dapat ditayangkan di sebuah media, tulisan harus aktual dan dilengkapi dengan fakta serta data yang akurat. Tak boleh terlewatkan, analisis harus tajam dan menarik diikuti.

Pelatihan menulis juga dihadiri oleh sastrawan asal Solo, Bandung Mawardi. Ia memberikan tips,“Menulis juga harus liar dan perlu perhatian.”  Pihak UAD berharap, pelatihan yang juga menghadirkan Redaktur opini online Republika, Irwan Ariefyanto ini diharapkan mampu merangsang penulis yang belum produktif untuk ikut aktif menulis di media. (Sbwh)