Pelatihan Menulis Kreatif bersama M. Iqbal Dawami

0
92

Sabtu, 14 September 2019, bertempat di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab UAD menyelenggarakan pelatihan menulis kreatif dengan tema “Abadikan Karyamu melalui Tulisan” bersama M. Iqbal Dawami, S.S., M.S.I. Selama ini, laki-laki ini dikenal sebagai penulis, editor buku, dan trainer kepenulisan. Ia telah menghasilkan 30 buku seperti, Pseudo Literasi; The Miracle of Writing; Hidup, Cinta, dan Bahagia.

“Literasi sangat penting, rajin baca menjadi awal mula menulis. Menulis dapat menjadi bekal perkuliahan, lingkup yang lebih luas mampu menjadi bekal hidup. Menguasai literasi akan menyelesaikan banyak perkara, mudah bergaul, disukai banyak orang dan bermanfaat. Sementara dari segi spiritual dan emosional memberikan efek yang positif,” jelasnya.

Menurutnya, menulis tidak memerlukan waktu khusus, yang terpenting adalah pemanfaatan waktunya. Semua waktu itu baik, ketika ada waktu luang gunakan untuk membaca dan menulis. Perkuliahan dan menulis harus jalan beriringan. Ada pepatah dari Yunani yaitu, scripta manent verba volant, yang berarti, hal yang terucap akan hilang dan yang tertulis akan abadi.

“Jika ingin dikenang abadi maka berkaryalah dengan menulis, semua mempunyai kesempatan yang sama. Jadikan menulis panggilan jiwa, bukan pilihan. Buatlah nyaman saat menulis, tulislah tentang apa pun. Munculkan rasa kagum pada penulis yang telah ada. Mendapat bayaran dari tulisan, baik itu royalti dari penerbitan maupun honor dari media hanyalah bonus, jadikan hal itu sebagai motivasi,” lanjutnya.

Iqbal juga mengatakan, menulis adalah proses tidak terlihat dan harus ditekuni bertahun tahun, baru akan terlihat hasilnya. Menulis diawali dengan suka membaca buku, lalu mencintai aktivitas membaca buku. Manfaat membaca yaitu memperluas sudut pandang, melihat persoalan dari perspektif berbeda, menjadi bijak, dan tidak reaktif. Setelah membaca, akan muncul banyak ide menarik untuk menulis. (JM)