Pelatihan Pembuatan Kain Shibori Persada UAD

0
89
Kain shibori yang sudah jadi

Senin 10-2-2020, Pesantren Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (Persada UAD) mengadakan pelatihan pembuatan kain shibori. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00–11.30 WIB ini berlokasi di Hall Persada UAD dengan diikuti sekitar 20 santri dan musyrifah.

Shibori sendiri dikenal sebagai produk tradisional khas Jepang. Proses pembuatannya memang mirip dengan pembuatan batik, yakni dibutuhkan bahan perintang untuk menahan warna agar tidak meresap ke bagian kain yang diinginkan. Bedanya, kalau bahan perintang untuk batik berupa lilin atau canting, maka shibori dibuat dengan cara dilipat.

Teknik pembuatan shibori ini lebih mirip lagi dengan batik jumputan atau ikat celup. Ikat celup adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain tertentu sebelum dilakukan pencelupan. Dalam agenda pelatihan ini, santri diminta langsung praktik membuat shibori dengan motif sesuai kreativitas masing-masing, baik lipatan maupun pewarnaannya.

Pemateri Rita Jatmikowati yang merupakan Ketua Sekolah Wirausaha Aisyah Yogyakarta dihadirkan secara khusus. Menurut Arifah selaku Kepala Asrama Putri Persada UAD, awalnya agenda ini merupakan wadah untuk mengisi waktu luang santri di tengah perkuliahan AIK, di samping tentu agar santri dapat mengembangkan jiwa wirausahanya.

“Semoga setelah pelatihan ini santri tidak sekadar menambah ilmu mereka juga dapat mempraktikkan sendiri dan menjadi wirausaha yang mandiri,” tutup Arifah. (Amb)