Pelatihan Penyusunan Proposal PKM 2013 oleh EDSA dan HIMA Pendidikan Matematika

0
171

Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistik, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi.

Dalam rangka mencapai harapan tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris atau Education Department Student Assosiation (EDSA) dan Himpunan Pendidikan Matematika menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

EDSA UAD yang diketuai Ikhwan Listiyanto menyelenggarakan Pelatihan PKM di Kampus III pada Ahad, 23 Juni 2013 dengan Pemateri: Dr. rer.nat. Endang Darmawan, Dra. Umi Rochyati, M.Hum., dan Danang Sukantar. Acara dibuka oleh Kaprodi PBI, R. Muhammad Ali, S.S., M.Hum. yang menyampaikan harapan agar para mahasiswa dapat menindaklanjuti hasil pelatihan dengan membuat proposal PKM sebanyak-banyaknya dan sebaik mungkin, sehingga akan banyak proposal yang lolos didanai. Jika banyak yang didanai, lolos ke PIMNAS, apalagi dapat meraih juara pasti menambah point positif bagi mahasiswa, dosen pembimbing, prodi, dan UAD. “Jangan sia-siakan waktu menjadi mahasiswa UAD. Isilah dengan kegiatan-kegiatan positif yang mampu mengasah daya nalar, dan ketrampilan Saudara” Menurut Ketua Panitia, Lisanti, kegiatan terpaksa dilaksanakan di Kampus III, karena dikampus II EDSA juga sedang menyelenggarakan kegiatan lainnya. Alhamdulillah, meski terbagi dalam dua kegiatan yang berbeda, peserta tetap banyak.

Sementara itu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika menyelenggarakan pelatihan di Auditorium Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Yogyakarta pada Rabu, 26 Juni 2013, dengan Pemateri: Danang Sukantar dan Dr. Widodo Hariyono, A.Md., S.T.,  M.Kes. Acara dibuka oleh Kaprodi Pendidikan Matematika, Drs. H. Abdul Taram, M.Si. Kaprodi yang oleh teman-temannya biasa dipanggil dengan sebutan “Pak Kyai” ini menyampaikan harapan kepada mahasiswa Pendidikan Matematika yang jumlahnya sangat banyak, untuk dapat menghasilkan karya-karya besar, khususnya di bidang penalaran.

“Kalau Anda mau mencoba, ada kemungkinan berhasil. Namun, jika tidak mencoba, sudah pasti tidak berhasil. Maka cobalah, sebisanya, semampunya. Insya Allah lambat laun pasti bisa” demikian pesan dan harapan dalam sambutannya. (sohe)