Pelatihan Public Speaking Tingkatkan Percaya Diri

0
116

Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HMPS PBS) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan public speaking dengan tajuk “Kembangkan Potensi Tingkatkan Percaya Diri”, Senin 14 Oktober 2019, bertempat di Kampus Utama UAD. Nugraheni Rintasari, S.E., M.Sc., dan Luqman Abdurrahman menjadi pembicara dalam pelatihan public speaking tersebut.

“Acara ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar percaya diri tampil di depan umum dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Mahasiswa Perbankan Syariah memiliki potensi yang baik dalam menyampaikan pendapat, hanya saja tingkat kepercayaan diri mahasiswa masih kurang, sehingga kami memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengembangkan tingkat kepercayaan diri,” ujar Safri Zuman ketua HMPS PBS.

Luqman Abudurrahman memotivasi mahasiswa agar dapat membangkitkan rasa kepercayaan diri dalam diri sendiri. Selain itu, bersama-sama melawan rasa takut yang ada dalam diri, walaupun awalnya salah. Sehingga, mampu dan berani tampil di depan umum.

Nugraheni Rintasari, S.E., M.Sc., dalam materinya yang berjudul “Menuju Presentasi yang Menginspirasi” menyampaikan, ketika kita bisa melakukan presentasi yang menginspirasi, maka kita dapat mempengaruhi dan menumbuhkan ide positif bagi orang lain. Untuk menjadi seorang presenter yang menginspirasi, harus menyiapkan dan menguasai materi dengan sistematis, memperhatikan visual, sikap, kalimat yang digunakan, dan menyesuaikan dengan jenis materi.

“Sebanyak 80 peserta mengikuti pelatihan public speaking, acara mendapat dukungan penuh dari pihak program studi. Respons mahasiswa positif dan antusias, harapannya pelatihan ini dapat diimplementasikan di kampus maupun di luar kampus, agar bisa dan berani melawan rasa malu dan canggung dalam berbicara di depan khalayak umum,” tutup Safri Zuman. (JM)