Pendidikan Matematika Adakan Kontes Literasi dan Olimpiade Matematika

0
95

“Kami mengadakan lomba ini karena ingin menciptakan generasi penerus yang intelektual, inovatif, dan pastinya memiliki jiwa kompetitif di bidang matematika. Selama ini, tidak banyak orang yang menyukai ilmu matematika. Kontes literasi diikuti 41 kelompok dan lomba olimpiade matematika diikuti 50 peserta,” jelas Fajri Nur Hidayati.

Fajri merupakan salah satu panitia dalam Kontes Literasi Matematika tingkat SMP/MTS/sederajat dan Olimpiade Matematika tingkat SMA/MA/sederajat untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Mengusung tajuk “Mencetak Generasi Penerus yang Intelektual, Kompetitif, dan Inovatif bersama Matematika”, lomba yang berlangsung di Kampus Utama UAD, 20 Oktober 2019, ini sukses dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.

Kontes literasi dan olimpiade matematika yaitu suatu lomba yang menyajikan soal matematika berupa soal cerita dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dituntut cermat untuk membaca soal yang diaplikasikan ke dalam bentuk matematika, kemudian siswa memecahkan persoalan tersebut.

“Kami berharap kemampuan siswa SMP dalam literasi meningkat dan kemampuan siswa memecahkan permasalahan matematika di kehidupan sehari-hari jauh lebih baik. Kami juga ingin mengenalkan matematika dalam bentuk lain bahwa matematika tidak hanya soal angka-angka, melainkan juga bentuk cerita. Semoga stigma menakutkan matematika bisa hilang,” tutup Fajri. (JM)